Home > Business > Muncul Wacana Kereta Cepat Jakarta – Surabaya

Muncul Wacana Kereta Cepat Jakarta – Surabaya

KERETA CEPAT

JAKARTA, derapguru.com – Pemerintah membuka kemungkinan untuk membuka jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya. Wacana tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengisi acara “Sustainable Smart Transportation” yang digelar secara virtual, Kamis 27 Oktober 2022.

“Kereta cepat juga gitu, kok dibangun cuma Jakarta-Bandung, banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini, akan kita bangun Jakarta-Surabaya,” kata Menhub Budi membuka kemungkinan tersambungnya jalur kereta cepat dari jakarta sampai dengan Surabaya.

Budi mengatakan, jika proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini berjalan, waktu tempuh dari Jakarta menuju Surabaya hanya membutuhkan waktu 4 jam. Ia mengatakan, konsep pembangunan kereta cepat ini dimulai dari Jakarta, Kawarang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun dan Surabaya.

“Jadi kita kawal benar kereta cepat ini konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, jadi rencananya itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Yogjakarta, Solo, Madiun dan Surabaya. 4 jam mudah-mudahan bisa melaksanakan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, landasan-landasan terkait rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini harus dilaksanakan. Ia mencontohkan, proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sebelumnya sudah dibicarakan 15 tahun yang lalu dan baru kini berhasil dibangun.

“Jadi kita letakan dulu landasan itu, tahu MRT, itu sudah dibahas 15 tahun, pak Jokowi berani kita mulai pembangunan MRT dan terjadi dan bisa,” ucap Menhub Budi. (kmp/za)

Leave a Reply