Home > D’Pop > Daerah > MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pekalongan Gelar Lomba Peringati ‘Bulan Bahasa’

MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pekalongan Gelar Lomba Peringati ‘Bulan Bahasa’

MGMP KABUPATEN PEKALONGAN

KAJEN, derapguru.com – MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMP Kabupaten Pekalongan, baru-baru ini, memperingati “Bulan Bahasa” menggelar brbagai macam lomba kebahasaan. Beberapa lomba yang digelar di antaranya Lomba Baca Puisi, Lomba Menulis Cerita Fantasi, dan Lomba Poster.

Dalam perlombaan yang dipusatkan di SMP Islam Simbang Wetan tersebut, dibuka langsung oleh Kabid Dikdas Kabupaten Pekalongan, Aji Suryo Sumanto MPd. Dalam sambutannya Aji Suryo menekankan pentingnya peningkatan kegiatan literasi dengan berbagai kegiatan seperti ini.

“Lomba yang dilaksanakan MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Pekalongan ini merupakan perwujudan dari peningkatan kegiatan literasi. Kami sangat mengapresiasi,” tandas Aji Suryo.

Ketua Panitia Lomba yang sekaligus Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pekalongan, Nur Sanyoto SPd, mengatakan kegiatan Bulan Bahasa merupakan program kerja tahunan. Akan tetapi, selama dua tahun terakhir kegiatan ini urung dilaksanakan karena pendemi covid-19.

Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini bisa dilaksanakan. Peserta juiga banyak, yakni 51 sekolah, baik dari sekolah negeri maupun swasta se-Kabupaten Pekalongan,” ungkap Nur Sanyoto.

Sementara itu, Juara I Lomba Baca puisi jatuh pada SMP 1 Kajen, Juara II jatuh pada SMP Muhammadiyah Wonopringgo, dan Juara III pada SMP 1 Sragi. Juara I Cerita Fantasi dimenangkan SMP 1 Karanganyar, Juara II dimenangkan SMP 1 Sragi, dan Juara III dimenangkan SMP 1 Wonopringgo.

“Untuk Lomba Poster, Juara I diperoleh SMP 1 Bojong, Juara II diperoleh SMP 3 Doro, dan Juara III diperoleh SMP 1 Kajen,” tandas Nur Sanyoto. (za)

Leave a Reply