Home > Populer > Menteri Nadiem: Pulau Jawa Alami Krisis Literasi

Menteri Nadiem: Pulau Jawa Alami Krisis Literasi

nadiem (1)

JAKARTA, derapguru.com — Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut tingkat literasi di Pulau Jawa tak jauh lebih baik dari daerah lain di Indonesia. Bahkan, dia mengatakan tingkat literasi di Pulau Jawa mengalami krisis.

“Banyak orang menyangka Pulau Jawa tak ada masalah literasi. Itu salah total, Pulau Jawa kita mengalami krisis literasi,” kata Nadiem dalam ‘Peluncuran Merdeka Belajar Episode 23’ secara daring, Senin 27 Februari 2023.

Nadiem mengatakan rendahnya litarasi ini juga mulai melebar di pulau lain. Masalah literasi sudah menjadi masalah merata.

“Di pulau lain masalah itu mulai melebar. Kita melihat tingkat literasi kita itu tersebar di seluruh Indonesia,” tutur dia.

Nadiem menyebut nyaris separuh atau 50 persen dari pelajar Indonesia belum mencapai kompetensi minimum literasi. Hal itu dibuktikan melalui hasil Asesmen Nasional (AN) yang digelar tahun 2021.

“Saya sangat sedih selalu mengingatkan mengenai hasil AN kita, satu dari dua peserta didik kita belum mncapai komptensi minimum litrasi,” kata Nadiem. (za)

You may also like
NADIEM
Alumnus Kampus Merdeka Lebih Cepat Kerja dan Gaji Besar
Ribuan Guru Mulai Berkumpul di Britama Arena
Nadiem: Bahaya, Anak Kecaduan Video dan Game
NADIEM
Nadiem Sebut Indeks Pemajuan Kebudayaan Alami Peningkatan

Leave a Reply