Home > BERITA > MBKM Bikin Mahasiswa Semangat Cepat Lulus

MBKM Bikin Mahasiswa Semangat Cepat Lulus

MBKM
Agenda: Hasil Riset Segara Intitute
Reporter: Tim Redaksi


JAKARTA, derapguru.com – Mahasiswa yang mengikuti Program MBKM mengalami banyak perubahan setelah usai mengikuti program tersebut. Mahasisa tersebut merasakan dampak positif dari networking dan menjadi lebih semangat untuk segera lulus kuliah.

Temuan menarik tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Segara Research Insitute, Piter Abdullah, saat memaparkan sejumlah temuan hasil riset lembaganya terhadap pelaksanaan Program MBKM, Jumat 23 Juni 2023.

“Mahasiswa merasa skill yang paling meningkat adalah communication skills, time management, dan problem solving. Sementara untuk hard skill yang paling berkembang adalah computer skills dan presentation skills,” jelas dia.

Segara Research Institute memublikasikan hasil riset terkait pencapaian dan tantangan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Di mana, dari sana didapatkan secara umum semua pihak cukup gembira dengan pengimplementasian program tersebut, tapi juga ada catatan yang perlu diperhatikan seperti mengintensifkan sosialisasi program.

“Secara umum, semua pihak happy dengan implementasi program ini, baik mahasiswa, dosen, pimpinan perguruan tinggi hingga para mitra dari dunia usaha. Namun demikian, mereka juga memberikan sejumlah catatan untuk perbaikan program ini ke depan,” tutur Piter Abdullah.

Hasil survei terbagi menjadi tujuh parameter. Pertama, profil soft skills dan hard skills mahasiswa dalam perspektif pimpinan, dosen, dan mahasiswa. Kedua, persepsi soft skills dan hard skills mahasiswa oleh dunia kerja. Ketiga, pelaksanaan MBKM di perguruan tinggi. Keempat, manfaat MBKM bagi perguruan tinggi. Kelima, manfaat MBKM bagi dosen. Keenam manfaat MBKM bagi mahasiswa. Dan ketujuh manfaat MBKM bagi mitra.

Dengan menggunakan skala tujuh, mulai dari satu sangat tidak terampil hingga tujuh sangat terampil, hasil survei menunjukkan, rata-rata penilaian pimpinan dan dosen perguruan tinggi terhadap soft skills mahasiswanya adalah lima dengan skill tertinggi yang diraih adalah collaboration skills dan yang terendah pada aspek problem solving.

Sementara itu, rata-rata penilaian hard skills dosen dan pimpinan terhadap mahasiswa juga memiliki rata-rata lima. Skor tertinggi diraih penilaian terhadap computer skills mahasiswa dan yang terendah adalah writing skills.

“Dengan menggunakan skala likert yang sama, satu sangat tidak efektif hingga tujuh sangat efektif, stakeholders di perguruan tinggi menilai bahwa salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa adalah praktik magang wajib,” kata Piter.

Di sisi lain, berdasarkan perspektif mitra atau dunia kerja, lulusan perguruan tinggi diharapkan memiliki collaboration skills, communication skills, dan problem solving yang baik. Sementara untuk hard skills-nya, mereka menilai bahwa lulusan perguruan tinggi harus terampil dalam computer skill, presentation skill, dan technical skill.

“Menurut para mitra, penyebab terjadinya perbedaan standar and ekspektasi terhadap perguruan tinggi di dunia kerja adalah karena pembelajaran PT terlalu teoritis, jiwa semangat anak muda saat ini berkurang sebab segala hal instan, dan kurikulum yang kurang agile dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja,” kata Piter.

Hasil riset Segara Institute juga mengungkap bahwa stakeholder perguruan tinggi dan mitra menilai program MBKM telah tersosialisasi dengan baik. Kalangan kampus juga mengakui mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti program MBKM .

“Program yang paling diminati mahasiswa adalah magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa merdeka, dan kampus mengajar. Program-program ini juga menjadi yang paling banyak diikuti oleh mahasiswa dalam survei ini,” kata Piter. (za)

 

You may also like
H Widadi: Manusia Berakal Akan Memanfaatkan Waktu
Dr Muhdi: Karena Keikhlasan PGRI Jateng Bisa Ngremboko Seperti Ini
Wakil Rektor III UIN Walisongo Akan Ceramah di Halal Bihalal PGRI Jateng
Ribuan Mahasiswa Calon Dokter Spesialis Depresi, Kemendikbudristek Info Kemenkes

Leave a Reply