Home > D’Pop > Daerah > Kwaran Ajibarang Gelar Dianpinrung dan Dianpinru

Kwaran Ajibarang Gelar Dianpinrung dan Dianpinru

Agenda: Pramuka Kwaran Ajibarang
Reporter: Yusep Kurniawan

 

BANYUMAS, derapguru.com — Guna melatih kemandirian pramuka siaga dan penggalang, Kwartir Ranting (Kwaran) Ajibarang gelar Gladian Pemimpin Barung (Dianpinrung) dan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru), baru-baru ini.

Agenda yang dipusatkan di Kompleks SDN Ajibarang Wetan Korwilcam Dindik Ajibarang Banyumas Jawa Tengah tersebut diikuti seluruh siswa SD di area Korwilcam Dindik Ajibarang.

Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Ajibarang yang juga merupakan Koordinator Korwilcam Dindik Ajibarang, Umar SPd MM, mengapresiasi peran serta seluruh pembina pramuka dan jajaran pengurus Kwartir Ranting Ajibarang dalam mensukseskan kegiatan.

Umar berharap melalui kegiatan tersebut, anggota Pramuka Siaga dan Penggalang senantiasa terjalin kebersamaan, kerukunan, serta rasa persaudaraan. Dengan demikian menurutnya akan terwujud keserasian serta kekompakan.

“Terima kasih atas partisipasi dan keikhlasan Kakak Pembina serta Jajaran Pengurus Kwarran Ajibarang yang telah sukseskan acara ini. Kegiatan ini jadi sebuah momentum latih Anggota Pramuka mandiri, terbiasa dengan kebersamaan dan kekompakan,” ungkapnya saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan.

Umar menambahkan pentingnya kegiatan Dianpinrung dan Dianpinru sebagai bagian dari penangkal lunturnya nilai-nilai budaya daerah, Nasionalisme dan semangat kebangsaan. Menurutnya momen ceria dan bahagia pada kegiatan Dianpinrung dan Dianpinru memiliki kebermaknaan baik dari segi afektif, kognitif, dan maupun psikomotorik.

“Ada hal yang lebih penting yang perlu saya sampaikan. Momentum ini menjadi pengikis mulai lunturnya nilai-nilai budaya daerah, mulai kaburnya jiwa nasionalisme, serta hilangnya wawasan kebangsaan bagi para generasi muda di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi ruang yang membahagiakan. Anak-anak antar pangkalan akan saling mengenal sehingga akrab dan memiliki banyak teman,” imbuh Umar mengakhiri sambutannya.

Pelatih Kwarcab Banyumas, Joko Wiyanto SPd, yang turut hadir menjadi pelatih pada kegiatan Dianpinrung sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan. Ia sangat terkesan melihat antusiasme anak-anak mengikuti kegiatan.

“Terima kasih Kakak-Kakak Panitia serta jajaran Pengurus Kwaran Ajibarang atas terselenggaranya kegiatan ini. Semangat anak-anakku para calon pemimpin hebat. Semangat rekan-rekan panitia. Sukses selalu,” tutur Joko di sela kegiatan.

Ketua Kwartir Ranting Ajibarang, Kusnaeni Achmad SPd, menyampaikan rasa terima kasih pada Ka Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan para Pembina dari semua Pangkalan se- Kwarran Ajibarang atas partisipasinya kirimkan peserta. Semangat dan antusias menurut Kusnaeni sangat terlihat. Bukti nyata, semua Pembina setia menunggu hingga acara usai.

“Terima kasih Ka Mabigus yang telah kirimkan peserta untuk ikuti kegiatan ini. Terima kasih kakak-kakak Pembina dari semua pangkalan baik SD maupun MI yang telah setia menunggu,” ungkap Kusnaeni Achmad. (za)

You may also like
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gelar Pelatihan Quilling Paper

Leave a Reply