Home > BERITA > Komisi X: Kunci Pendidikan New Normal Teknologi

Komisi X: Kunci Pendidikan New Normal Teknologi

Hetifah-Sjaifudian

JAKARTA, derapguru.com — Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Syaifudian, mengatakan bahwa kunci dari kesuksesan membangun dunia pendidikan pada era new normal terlatak pada pengunaan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Hetifah dalam Seminar Nasional bertema Perubahan Arah Pendidikan Tinggi di Era New Normal yang diselenggarakan Universitas Ciputra Surabaya, Senin 9 Januari 2023.

“Kata kunci dari new normal adalah teknologi. Perguruan tinggi wajib mampu mengadopsi perubahan dan perkembangan teknologi,” tutur Hetifah.

Baca Pula: Komisi X Minta Pemerintah Bangun Unit Sekolah Baru untuk Kawasan 3T

Kendati demikian, pada faktanya, Indonesia ini luas dan tidak semua perguruan tinggi punya kecepatan yang sama untuk mengadopsi. Oleh karena itu, Hetifah meminta perguruan tinggi bisa saling menjalin kerjasama dan saling menguatkan antara kampus satu dengan kampus lainnya.

“Indonesia ini luas dan tidak semua perguruan tinggi punya kecepatan yang sama untuk mengadopsi (teknologi). Ini pentingnya adanya kerja sama antar perguruan tinggi dan melalukan sinergi,” tandas Hetifah.

Setelah memasuki era new normal, lanjut Hetifah, aktvitas pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi di Indonesia tetap masih sangat mengandalkan teknologi digital. Pemahaman yang baik dan tepat tentang teknologi sangat penting.

“Tanpa pemahaman yang baik tentang internet dan globalisasi, mimpi Indonesia menjadi negara maju hanyalah utopis,” urai Hetifah.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Hetifah meminta pemerintah dan dunia pendidikan perlu merumuskan kembali arah pendidikan yang sesuai dengan peradaban saat ini. Setelah rumusan tercapai, sesegera mungkin untuk mengakselerasikan dunia pendidikan dengan pemanfaatan teknologi supaya lebih efektif dan efisien. (za)

You may also like
Hetifah-Sjaifudian
Komisi X Minta Ketegasan Dalam Tangani Kekerasan di Sekolah
DEDE YUSUF
Pemerintah Diminta Angkat Guru Honorer Jadi ASN
Fikri Faqih: Guru Harus Dibekali Betul Kompetensi Pedagogik
Komisi X Minta Perbanyak KIP Kuliah

Leave a Reply