Home > D’PGRI > Ketua Pasang Badan, Pengurus dan Anggota Harus Rapatkan Barisan

Ketua Pasang Badan, Pengurus dan Anggota Harus Rapatkan Barisan

PATI, derapguru.com — Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab) PGRI Pati Tahun Ketiga MB XXII diselenggarakan Rabu 20 Desember 2023, di kantor PGRI setempat. Sejumlah agenda dibahas dan diputuskan dalam forum tahunan organisasi tersebut.

Ketua Panitia, Muh Jaenuri MPd pada kesempatan tersebut melaporkan tentang dasar kegiatan, tujuan, dan peserta Konferensi Kerja yang mengusung Tema “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju”.

Dikatakan, peserta Konferensi Kerja ini terdiri atas seluruh pengurus PGRI Kabupaten dan perwakilan dari 23 cabang/cabang khusus, masing-masing 3 orang, serta alat kelengkapan organisasi PGRI Kabupaten Pati.

Selanjutnya Ketua PGRI Kabupaten Pati, Winarto SPd MHum, mengungkapkan agenda Konkerkab PGRI ini adalah untuk melakukan Evaluasi pelaksanaan program tahun 2023,  menyusun Program kerja tahun 2024, dan menentukan sikap, pendirian dan Strategi organisasi dalam upaya mewujudkan program dan kegiatan secara optimal. Dikatakan, berkat perjuangan bersama PGRI pusat, provinsi, kabupaten dan cabang serta dukungan seluruh anggota, banyak program telah berhasil dilaksanakan.

“Dan untuk P3K tenaga kependidikan sudah disanggupi oleh presiden akan dibuka kesempatannya pada tahun 2024. Karena faktanya, banyak tenaga kependidikan di SMP saat ini sudah habis (pensiun), dan sementara digantikan oleh tenaga honorer”, jelasnya.

Winarto yang juga manta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati ini mengungkapkan, dalam perjuangannya, PGRI bermitra dengan pemkab dan Dinas Pendidikan, tetapi yang namanya Institusi itu teman dekatnya regulasi. Karena itu tugas PGRI adalah bagaimana mewujudkan guru- guru dan tenaga kependidilan itu dapat bekerja dengan baik, sejahtera, bermartabat dan hak-haknya terlindungi sesuai peraturan perundangan yang ada.

“Karena itu ketika ada anggota didholimi atau diperlakukan tidak adil, Ketua PGRI berani pasang badan, maka pengurus dan anggota lain harus merapatkan barisan,” tandas Winarto.

Winarto pun meyakini, harmonisasi hubungan dengan semua komponen akan mengokohkan organisasi.

Sekretaris Umum, Drs Aris Munandar MPd, yang hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Konkerkab PGRI Pati yang tepat waktu, di bulan Desember 2023.

“Untuk melakukan evaluasi kegiatan tahun 2023 dan sekaligus menyusun program tahun 2024, bulan Desember ini adalah waktu yang tepat”, ujarnya.

Aris juga menegaskan pentingnya PGRI bermitra dengan Pemda dan Dinas Pendidikan dalam upaya mewujudkan perjuangan untuk kepentingan anggota. “PGRI adalah mitra strategis pemerintah. Karena itu untuk mengoptimalkan hasil perjuangan, perlu sinergitas program PGRI dengan pemerintah”, tegasnya.

Aris selanjutnya mengingatkan, tugas PGRI di antaranya adalah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas anggota serta memberikan perlindungan dan memperjuangkan kesejahteraan anggota. Untuk itu perlu dirumuskan bagaimana strategi melaksanakan program PGRI agar berhasil secara optimal dan bermanfaat bagi para anggota.

“Terkait perlindungan untuk para guru, yang dilakukan PGRI bukan hanya yang berkaitan dengan profesi tetapi lebih pada upaya wujudkan solidaritas. Sehingga kasus-kasus diluar profesi pun ditangani oleh LKBH PGRI untuk membantu anggota”, jelas Aris.

Untuk mengoptimalkan perjuangan PGRI, Aris juga mengingatkan adanya keputusan Konferensi Kerja Tahun Ketiga PGRI Jawa Tengah, yakni mendukung pencalonan Ketua PGRI Jateng, Dr H Muhdi SH MHum, sebagai calon anggota DPD RI pada pemilu 2024.

“Ini adalah salah satu strategi perjuangan PGRI agar dapat berperan optimal memperjuangan kepentingan anggota dan memajukan pendidikan bagi masyarakat”, jelasnya. (pur/za).

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply