Home > Populer > Kemendikbudristek: Sebanyak 3.329 SMK Tangani Industri kreatif

Kemendikbudristek: Sebanyak 3.329 SMK Tangani Industri kreatif

JAKARTA, derapguru.com – Sebanyak 3.329 SMK saat ini sedang menangani bidang industri kreatif. Di luar itu, ada 339.279 siswa SMK yang saat ini juga sedang belajar bidang terkait industri kreatif. Data tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbudrisetek, Kiki Yuliati, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa 21 November 2023.

“Saat ini ada lebih dari 3.329 dari 14.478 SMK di Indonesia yang menangani bidang industri kreatif dan hampir 339.279 siswa SMK yang saat ini sedang belajar di bidang-bidang yang terkait dengan industri kreatif seperti boga, multimedia, dan sebagainya,” urai Kiki Yuliati.

Kiki Yuliati menambahkan, arah kebijakan pendidikan vokasi untuk mendorong perkembangan industri kreatif ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melahirkan talenta-talenta di bidang industri kreatif. Untuk itu, Dirjen Pendidikan Vokasi menyiapkan tiga jalur pendidikan, yakni melalui level pendidikan menengah, pendidikan tinggi, serta kursus dan pelatihan.

“Kita siapkan tiga jalur pendidikan, yakni pendidikan level menengah, pendidikan level tinggi, dan kursus serta pelatihan,” tandas Kiki Yulianti.

Lebih lanjut Kiki Yulianti menuturkan, saat ini juga ada 13.432 LKP yang bergerak untuk mendukung industri kreatif serta sekitar 21 ribu mahasiswa yang saat ini belajar untuk mendukung sektor industri kreatif di berbagai bidang. Hal ini untuk memenuhi target nasional untuk melahirkan lebih dari 10 juta talenta kreatif sampai tahun 2024.

“Talenta-talenta digital tersebut nantinya dipersiapkan untuk mendukung industri kreatif, termasuk untuk memperkuat industri game dan cyber security,” kata Kiki Yulianti.

Mengingat industri kreatif yang begitu dinamis, Kiki Yulianti juga telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memperkuat pendidikan vokasi agar tetap kontekstual dan relevan dengan perkembangan industri kreatif yang begitu dinamis. (za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply