Home > BERITA > Kemendikbudristek Pantau Talenta Siswa Berprestasi

Kemendikbudristek Pantau Talenta Siswa Berprestasi

JAKARTA, derapguru.com — Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S1 non-degree menjadi awal pembentukan manajemen talenta siswa Indonesia. Program ini juga sebagai bentuk pengembangan prestasi siswa Indonesia. Dalam BIM, para siswa tidak hanya dikembangkan secara akademik. Tapi juga dilihat keterampilan soft skills mereka.

“Anak berprestasi ini masuk kolam talenta yang dikenal sebagai sistem informasi talenta,” kata Staf Ahli bidang Manajemen Talenta Nasional Kemendikbudristek, Tatang Muttaqin, di kantor Kemendikbudristek Jakarta, Rabu 1 November 2023.

Perkembangan siswa dilihat sejak pendampingan hingga meraih prestasi. Dari sana, kata dia, para siswa bisa diarahkan untuk mengejar beasiswa.

“Dengan potensi yang ada kita lihat apakah mereka bisa mendaftar untuk jenjang berikutnya, entah itu beasiswa apa atau beasiswa mendaftar ke perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri,” sebutnya.

Alur pengembangan talenta itulah yang menurutnya mesti dibangun. Agar potensi siswa Indonesia dapat terekspos dan maksimal.

“Dan BIM ini bisa memoles mereka dari segi talentanya. Kita fasilitasi mereka menuju kampus terbaik di dunia. Sehingga mereka tidak hanya belajar, tapi menjadi lokomotif perubahan,” tutupnya. (med/za)

You may also like
Kemendagri Seriusi Pembiayaan Beasiswa untuk Papua
Sambut Mahasiswa PMM, Rektor UPGRIS: Kalau Dana Belum Turun Kami Talangi
Terlibat Bullying, Anak Vincent Rompies Dikeluarkan dari Sekolah
Guru Penggerak Aset Pemerintah Daerah

Leave a Reply