Home > Entertainment > Kemendikbudristek Dorong Para Musisi Manfaatkan LPDP

Kemendikbudristek Dorong Para Musisi Manfaatkan LPDP

MUSISI

JAKARTA, derapguru.com — Pemerintah terus memberikan perhatian bagi dunia musik terkait dengan upaya peningkatan kompetensi pelaku musik Indonesia. Salah satunya dengan memberikan bantuan beasiswa dan dana riset untuk peningkatan dan pengembangan bermusik tanah air.
“Teman-teman musisi yang ingin sekolah lebih lanjut dimungkinkan dengan LPDP. Ada fasilitas di dana abadi kebudayaan,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Hilmar Farid, Selasa 18 April 2023.
Lebih lanjut Hilmar menuturkan, dalam skema beasiswa LPDP terdapat istilah Dana Indonesiana. Dana ini dapat digunakan oleh musisi untuk mengembangkan kompetensi. Skema yang dibuat sifatnya layanan publik agar lebih tertata bekerja sama dengan PAPPRI.
Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menambahkan, lebih dari 36.200 beasiswa yang diberikan LPDP, tapi masih sedikit musisi yang memanfaatkannya. Dia ingin lebih banyak musisi yang mendaftar.
“Saya ingin lebih banyak lagi musisi yang mendaftar ke kampus berkualitas baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu ada dana riset yang bisa digunakan mengembangkan keberlanjutan budaya kita,” tutur dia.
Sekretaris Jenderal Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), Dwiki Dharmawan, menyampaikan apresiasi dan dukungan atas inisiasi pemerintah dalam menyediakan beasiswa dan dana riset bagi pelaku musik Indonesia. Dia menuturkan insan musik adalah bagian dari insan budaya di Indonesia.
“Negara sudah menyediakan fasilitas yang hebat. Kami mendukung kerja sama LPDP dan Kemendikbudristek. Kami siap menjadi mitra untuk menyosialisasikan dan mendukung agar para pegiat seni bisa mendapat fasilitas pendidikan baik S1, S2, S3, maupun short course,” ujar Dwiki. (za)

 

You may also like
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024
Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya
Kirim WA Gambar Porno Termasuk Pelecehan Seksual

Leave a Reply