Home > D’PGRI > Kegiatan Tidak Harus di Kantor PGRI

Kegiatan Tidak Harus di Kantor PGRI

Agenda: Rakor Biro Kerohanian
Reporter: Tim Redaksi

SEMARANG, derapguru.com – Pengembangan kegiatan bidang Kerohanian dan Pembinaaan Karakter Bangsa PGRI Jateng tidak hanya dikembangkan dengan beberapa kegiatan kerohanian yang berpusat di kantor-kantor PGRI. Tapi juga  bisa dikembangkan oleh guru-guru di luar kantor PGRI berupa kegiatan yang bisa meningkatan kualitas kerohanian para guru.

“Misalnya, ada forum-forum kajian sampai level ranting untuk meningkatkan keimanan kita. Tidak selalu harus di kantor PGRI, tapi kegiatan peningkatan keimanan untuk membangun sosok guru yang lebih beriman dan profesional,” tutur Ketua PGRI Jateng, Dr H Muhdi SH MHum, dalam Rakor Biro-Bidang-Seksi Kerohanian dan Pembinaan Karakter Bangsa PGRI Jateng secara daring, Rabu 23 Agustus 2023.

Dr Muhdi menambahkan, baik biro, bidang, maupun seksi kerohanian dan pembinaan karakter bangsa bisa lebih kreatif lagi dalm merancang kegiatan. Tidak hanya kegiatan yang bersifat kegiatan kerohanian saja. Tapi dapat pula menggelar kegiatan yang membawa peningkatan keprofesionalitasan guru agama di wilayah masing-masing.

“Bagaimana kita melakukan suatu pembinaan pada guru-guru agama. Tidak hanya persoalan metode atau pendekatan pembelajaran agama apa yang cocok untuk guru agama praktikkan. Tapi juga bisa mengenai isu-isu negatif seperti kasus kekerasan seksual,” tandas Dr Muhdi.

Di samping itu, Dr Muhdi juga meminta supaya biro kerohanian dapat menghimbau guru-guru terus mengupdate keilmuananya. Pasalnya, tren pada Era Society 5.0,  sains akan dipimpin oleh agama. Tapi agama itu mampu atau tidak menjadi –pemimpjn itu, bula pembelajaran agama tidak sampao pasa substansxi, tidak hanya bisa beribadah, tapi juga berkarakter atau akhaq.

“Tapi kegiatan-kegiatan yang sudah baik seperti kegiatan yang dilakukan pada bulan puasa lalu terus saja dilakukan. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, bulan puasa yang lalu PGRI sangat semarak,” tutur Dr Muhdi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua PGRI Jateng Drs Rismono MPd, Sekum PGRI Jateng Drs Aris Munandar MPd, Wasekum PGRI Jateng Dr Saptono Nugrohadi MPd, Kabiro Kominfo PGRI Jateng Dr Agus Wismanto MPd, dan Kabiro Kerohanian dan Pembinaan Karakter Bangsa PGRI Jateng Sunan Baedowi SPdI MSi. (za)

You may also like
Gayeng Sekali, Ditembak Nyanyi Pak Bani Minta Remidi
Dr Muhdi: 3-4 Agustus Digelar Konverensi Provinsi
Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif
Dunia Pendidikan Harus Cepat Beradaptasi

Leave a Reply