Home > UPGRIS > Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif

Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif

SEMARANG, derapguru.com — perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, aktif, fleksibel, dan produktif. Tak hanya itu saja, tapi harus dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya mampu bersaing dengan sesama anak bangsa dan bersaing dengan bangsa lain.

Disampaikan Plt Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek RI, Dr Bhimo Widyo Andoko SH MH, dalam seminar nasional “Transformasi Pendidikan Tinggi di Era Merdeka Belajar” yang digelar secara daring dalam rangka Dies Natalis ke-43 UPGRIS, Kamis 11 Juli 2024.

“Hal ini baru dapat dicapai bila ada banyak perguruan tinggi di Indonesia yang berkualitas, yang relevan, serta dapat bekerjasama dengan dunia industri,” tutur Dr Bhimo.

Dr Bhimo menambahkan, ke depannya perguruan tinggi dan industri dapat bekerjasama untuk menyelesaikan problem-problem pemerintah, masyarakat, dan dunia industri itu. Baik dosen, mahasiswanya, dapat bersinergi dengan dunia industri untuk menyelesaikan masalah bangsa.

“Sehingga impian untuk membangun negara yang adil dan makmur tidak hanya menjadi impian semata,” urai Bhimo.

Lebih lanjut Dr Bhimo menuturkan, berbagai cita-cita besar itu dapat diraih bila kita mampu membangun pendidikan yang bermutu. Tidak hanya sekadar kata-kata ‘bermutu’ kampusnya, tapi secara riil dosenya memang bermutu dan mahasiswa lulusannya juga bermutu.

“Tidak hanya mutu ada dosennya, tapi juga mutu dalam layanannya. Bagaimana kita bisa memiliki dosen yang memiliki skill mumpuni tapi juga bisa melayani. Termasuk juga memiliki staf yang bisa memberikan layanan dengan cepat dan baik,” tandas Dr Bhimo. (za)

You may also like
Guru Honorer DKI Jakarta “Dihapus”, Begini Alasan Disdik
Ketua PGRI Jateng Minta Penuntasan Masalah PPPK dan Honorer Diprioritaskan
PGRI Jawa Tengah dan Kepemimpinan Yang Iconic
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS

Leave a Reply