Home > BERITA > Guru PPPK, Pertegas Status dan Perkuat Kompetensi

Guru PPPK, Pertegas Status dan Perkuat Kompetensi

NUNUK SURYANI

JAKARTA, derapguru.com – Setelah mempertegas status para guru menjadi sebagai ASN P3K, pemerintah juga tengah menyiapkan skema pelatihan-pelatihan agar kompetensi guru P3K semakin kuat. Untuk itu, akan lebih banyak lagi pelatihan-pelatihan yang dapat diikuti oleh guru ASN P3K pada masa-masa ke depan.

“Tujuan yang lain dari pengangkatan PPPK ini untuk meningkatkan kompetensi yang lebih luas lagi kepada guru,” urai Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Prof Nunuk Suryani, Rabu 19 April 2023.

Prof Nunuk mengatakan, kesempatan untuk meningkatkan kompetensi akan terbuka lebih luas lagi bagi guru setelah menjadi PPPK. Dia menyebutkan ada rentetan pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi yang dapat diikuti guru P3K untuk memperkuat kompetensi.

“Tidak hanya aman secara status,  tapi juga peningkatan kesempatan meningkatkan kompetensi juga ada bagi mereka (guru ASN P3K),” tegas Nunuk.

Nunuk menyebut profesionalisme dan kesejahteraan tak dapat dipisahkan. Keduanya saling berkaitan dan saling memberi implikasi. Keputusan pemerintah untuk membuka pintu P3K guru adalah supaya kesejahteraan bagi guru-guru bisa tercapai sehingga membawa dampak pula pada peningkatan kompetensi yang dimiliki.

“Karena kalau guru itu profesional, sejahtera, dia semangat, gembira, pasti murid mendapatkan dampaknya menjadi lebih baik,” sebut dia.

Terkait dengan usaha peningkatan kesejahteraan para guru melalui jalur ASN P3K, Prof Nunuk menyampaikan bahwa lolosnya 544 ribu lebih guru dalam P3K tersebut merupakan hadiah dari konsistensi. Dia menyebut lolosnya guru-guru tersebut tak lepas dari kerja sama yang dijalani secara konsisten beberapa berbagai pihak lintas sektoral.

“Semua terjadi karena konsistensi dan kerja sama sejumlah pihak di antaranya Pemda, Kementerian PAN-RB, Kemendagri, BSSN, dan masih banyak pihak lainnya,” tutur Prof Suryani. (za)

You may also like
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
UKT
Kemendikbudristek: UKT Naik Karena Kesejahteraan Masyarakat Naik
SYAIFUL HUDA
Makan Siang Gratis Jangan Pakai 20 % Anggaran Pendidikan
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit

Leave a Reply