Home > D’Pop > Daerah > Guru MTsN 1 Pati Juara I Lomba Video Pendek Pembelajaran Kelas Digital

Guru MTsN 1 Pati Juara I Lomba Video Pendek Pembelajaran Kelas Digital

PATI, derapguru.com — Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati kembali mengukir prestasi. Faiz Affan, memperolah Juara I Lomba Video Pendek tentang Pembelajaran pada Kelas Digital Madrasah Tahun 2022.
Lomba ini diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Lomba diikuti oleh ratusan guru MTs dan MA se- Jawa Tengah. Pemenang lomba dirilis pada Rabu 28 Desember 2022.
“Alhamdulillah, bersyukur sekali atas rezeki yang diberikan oleh Allah Swt. melalui beberapa raihan prestasi yang saya dapatkan, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Terakhir ini, saya mendapatkan juara pertama dalam kontes video pembelajaran digital,” ucap Faiz.
Faiz memaparkan, ada beberapa tahapan yang harus ia ikuti dalam lomba ini, mulai dari pendaftaran, pengiriman video, seleksi, hingga penilaian oleh dewan juri.
Tidak ada trik khusus untuk menang pada lomba kali ini. Faiz hanya melakukan analisis terhadap juknis, menganalisis komponen-komponen kegiatan mengajar di kelas, kemudian mengemasnya menjadi pembelajaran digital.
Dia juga memanfaatkan sedikit potensi yang ia miliki untuk membantu dalam proses pembuatan video.
“Trik dalam perlombaan video pembelajaran seperti para peserta lomba pada umumnya, yaitu pertama memperhatikan juknis. Kedua, memperhatikan komponen dalam kegiatan mengajar di kelas dan mengubahnya menjadi suatu pembelajaran digital berdurasi maksimal 5 menit. Ketiga, sedikit kemampuan yang ada, kita manfaatkan untuk membantu dalam pembuatan video,” ungkapnya.
Faiz bersyukur berada di lingkungan MTsN 1 Pati. Pasalnya, ia beserta guru-guru yang lain diberi peluang dan kesempatan secara demokratis untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Di samping itu, menurut Faiz dukungan dari Kepala MTsN 1 Pati juga sangat memberikan gairah dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai seorang guru.
“Semoga sedikit persembahan dari kami dapat menambah bukti masa keemasan MTsN 1 Pati tercinta,” tutupnya.
Menanggapi kabar prestasi Faiz, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Ahmad Saifulloh, memberikan apresiasi penuh. “Selamat atas juara satunya Pak Faiz, semoga mbarokahi,” ujarnya.
Lebih lanjut, Saifulloh merasa bangga atas prestasi MTsN 1 Pati sebagai madrasah terfavorit di tahun 2022. “MTsN 1 Pati telah berhasil mengelola madrasah dengan apik, baik sumber daya manusianya maupun penjaminan mutunya. Semoga ke depan MTsN 1 Pati tetap terfavorit,” harapnya.
Prestasi yang ditorehkan para guru MTsN 1 Pati di penghujung tahun 2022 ini membuat Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak tidak berhenti bersyukur. “Subhanallah walhamdulillah, ternyata dengan kemerdekaan berkreasi yang kami berikan kepada guru-guru kami mampu  mengembangkan potensi maksimal mereka. Terbukti beberapa prestasi terbaik bisa diperoleh oleh mereka, salah satunya pak Faiz,” tuturnya.
“Dengan totalitas di dalam melayani, kami berharap semakin banyak potensi-potensi yang muncul sehingga kita bisa menjadi pelayan terbaik. Selamat buat Faiz, semoga semakin menginspirasi dan menambah gairah yang lain,” sambung Syafak.
Seperti yang diketahui bersama, MTsN 1 Pati kembali dinobatkan sebagai The Best Achievement of Madrasah Tsanawiyah oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati pada Kamis (29/12). Atas raihan ke-2 kalinya tersebut, Syafak juga mengungkapkan rasa syukurnya. Menurut Syafak, hal ini menunjukkan keistiqomahan seluruh stakeholder MTsN 1 Pati di dalam menjaga dan mengembangkan prestasi madrasah.
“Terima kasih atas kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja samanya. Semoga madrasah kita menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan selalu di hati,” pungkasnya. (za)

You may also like
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Digelar Agustus
Tahun Ini, 13.034 Guru PAI Ikuti PPG
42.429 Santri Ikuti Ujian Kesetaraan Setingkat SMP/MTs
Kemenag Ancam Tutup Kampus Yang Gelar Perkuliahan Ilegal

Leave a Reply