Home > Populer > Dr Muhdi: Sekarang Memasuki Era Ekosistem

Dr Muhdi: Sekarang Memasuki Era Ekosistem

SEMARANG, derapguru.com — Saat ini telah terjadi pola perubahan prilaku sosial masyarakat untuk cara mencapai kesuksesan. Bila ingin sukses saat ini, kuncinya adalah membangun ekosistem.

Hal tersebut disampaikan Ketua PGRI Jawa Tengah, Dr H Muhdi SH MHum, saat mengisi acara Seminar Nasional Keindonesiaan VIII di Ruang Seminar Lantai 6 Menara Kampus IV Universitas PGRI Semarang, Selasa 29 November 2023.

“Saat ini kalau mau sukses ya harus membangun ekosistem. Menyiapkan instrumen-instrumen menuju sebuah kesuksesan,” tutur Dr Muhdi.

Dr Muhdi menambahkan, saat ini setidaknya telah terjadi empat kali perubahan pola perilaku sosial untuk mencapai kesuksesan. Pertama adalah perilaku monopoli.

“Bila ingin sukses ya monopoli. Semua hal dimonopoli. Ini cara dulu untuk mencapai kesuksesan,,” tandas Dr Muhdi.

Setelah monopoli, yang berikutnya adalah dengan pola kompetisi atau kalah menang. Bila ingin sukses ya harus unggul dari orang lain.

“Ketiga, pola kolaboratif. Bila seseorang ingin sukses harus bisa berkolaborasi dengan orang lain. Istilahnya, mari kita sukses bersama-sama,” tutur Dr Muhdi.

Sedangkan yang terakhir, lanjut Dr Muhdi, adalah adalah pola ekosistem sebagaimana telah disebutkan sebelumnya.

Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan UPGRIS, Dr Agus Sutono MPhil, mengemukakan bahwa pendidikan merdeka merupakan sebuah upaya untuk membangun nalar ktitis.

“Semua aspek yang berkaitan dengan pendidikan wajib dibangun dengan narasi-narasi kritis,” urai Dr Agus Sutono.

Menurutnya, forum ini sekaligus sebagai tradisi akademik yang memberikan sumbangsih pemikirian dalam banyak hal.

“Isu keindonesiaan dalam berbagai dimensinya akan semakin melengkapi pemahaman tentang eksistensi kita di dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Dalam seminar ini dihadirkan pula Guru Besar Pedagogi Olahraga UNY Prof Caly Setiawan PhD dan Pakar Pendidikan Nasional Darmaningtyas. (za)

You may also like
DEDE YUSUF
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang
Bagas – Tasyfa, Mahasiswa Baru Yang Sabet Gelar Pupika UPGRIS 2024
Pendanaan Non-UKT Akan Jadi Indikator Kinerja PTNBH

Leave a Reply