Home > D’Pop > Daerah > Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya

Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya

SEMARANG, derapguru.com — Para guru memiliki peranan penting dalam kesuksesan siswanya. Tidak sedikit siswa-siswa yang sukses karena mendapatkan motivasi atau terinspirasi oleh guru-guru mereka.

Hal tersebut disampaikan Ketua PGRI Jawa Tengah, Dr H Muhdi SH MHum, saat memberikan materi dalam Rapat Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan PAUD dan SD Islam Bintang Juara Semarang, baru-baru ini.

“Pertanyaan guru mengubah hidup saya. Guru saya kelas 1, Bu Khalisah. Beliau yang menginspirasi saya untuk sekolah. Orang tua saya buta huruf sehingga motivasi paling penting justru ada pada guru saya,” tutur Dr Muhdi.

Dr Muhdi menambahkan, pada saat itu sang guru menanyakan cita-citanya, mau jadi apa? Dr Muhdi menjawab, bila tidak insiyur ya dokter, karena orang desa tahunya hanya itu. Sang guru pun menerangkan apapun cita-citanya, bila ingin mengejar cita-cita, jalan satu-satunya harus sekolah yang tinggi.

“Motivasi inilah yang membuat saya terus sekolah. Meskipun akhirnya tidak menjadi insinyur atau dokter, tapi motivasi guru yang inspiratif seperti beliau, bisa membuat saya terus sekolah hingga mencapai titik seperti ini,” tandas Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi berharap, guru-guru saat ini dapat memberikan motivasi atau mendorong siswa untuk terus bertumbuh kembang. Karena terkadang dari kata-kata sederhana inilah seorang guru bisa mengantarkan siswanya mencapai gerbang kesuksesan.

“Para era sekarang peran guru sudah tidak lagi menjadi sentral pembelajaran. Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar. Tapi peran guru dalam membentuk karakter dan memberikan inspirasi bagi siswanya tidak akan pernah bisa tergantikan oleh apapun,” tutur Dr Muhdi. (za)

You may also like
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gelar Pelatihan Quilling Paper

Leave a Reply