Home > D’PGRI > Dr Muhdi: Guru Harus Mampu Mengubah Mindset

Dr Muhdi: Guru Harus Mampu Mengubah Mindset

SEMARANG, derapguru.com — Para guru harus mampu mengubah mindset dalam mendidik generasi muda saat ini. Perkara mengubah mindset ini perlu menjadi fokus pemerintah untuk menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan-tantangan masa depan.

Hal tersebut disampaikan Ketua PGRI Jateng, Dr H Muhdi SH MHum, saat menjadi narasumber di stasiun televisi TVRI Jawa Tengah, Kamis 2 Mei 2024.

“Guru-guru kita adalah guru yang dididik dengan ilmu-ilmu masa lalu, tapi ditutut untuk menyiapkan generasi yang hidup di masa depan. Ini tidak mudah. Maka dari itu, para guru harus bisa mengubah mindset,” urai Dr Muhdi.

Dr Muhdi menambahkan, perkara mengubah mindset ini tidaklah mudah, karena ini menyangkut mengubah kebiasaan guru. Oleh karena itu, pemerintah harus memiliki skema yang jelas untuk melaksanakannya.

“Guru harus kembali dingatkan pada posisinya yg strategis. Sebab kurikulum merdeka akan jadi sia-sia, bila guru tidak paham persis filosofi kurikulumnya. Guru harus benar-benar disiapkan untuk dapat mengimplementasiannya,” tandas Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi menambahkan, PGRI berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan guru- guru berkualitas. PGRI dengan anak lembaganya akan turut membantu meningkatkan kompetensi guru baik melalui seminar maupun pelatihan-pelatihan terstruktur.

“PGRI akan terus berupaya melalui berbagai forum yang sudah dan terus kita lakukan, melalui biro di bawah PGRI, tidak hanya biro pengembangan profesi, tapi PGRI juga punya SLCC, APKS, dan beberapa anak lembaga lainnya yang bisa mendorong terciptanya guru-guru yang berkompeten,” tutur Dr Muhdi. (za)

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
DEDE YUSUF
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang

Leave a Reply