Home > Populer > Dr Fenny: Tidak Ada Lagi Prodi Yang Bilang: ‘Yang penting ada RPS-nya’

Dr Fenny: Tidak Ada Lagi Prodi Yang Bilang: ‘Yang penting ada RPS-nya’

SEMARANG, derapguru.com — Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) terus berupaya meningkatkan kualitas proses pembelajarannya. Salah satunya upaya yang dilakukan adalah dengan menata secara serius seluruh Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) UPGRIS, Dr Fenny Roshayanti MPd, dalam “Workshop Rencana Pembelajaran Semester” yang digelar Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) bagi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) di Menara Kampus Gajah Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Senin 12 Februari 2024.

“Tidak ada lagi prodi yang berpikir: ‘yang penting ada RPS-nya’. Tapi harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dan diberlakukan kampus ini,” tutur Dr Fenny.

Dr Fenny menuturkan, dalam pembuatan RPS sudah bukan zamannya lagi hanya membuat RPS sekadar di-print lalu disimpan di dalam lemari dokumen. RPS harus benar-benar dirancang secara baik dan direalisasikan dalam pembelajaran di ruang kuliah.

“RPS tidak hanya berkas print-print-an yang disimpan dalam lemari. Tapi harus direalisasikan dalam proses pembelajaran,” tandas Dr Fenny.

Lebih lanjut Dr Fenny menuturkan, saat ini RPS yang diberlakukan di UPGRIS adalah RPS yang mengedepankan Outcome Based Education (OBE). Dengan RPS OBE, setiap pembelajaran dituntut untuk menghasilkan luaran tertentu pada masing-masing mata kuliah.

“Sekarang semakin rigit karena semua harus di-upload ke IKU dan harus bisa dilihat bukti luarannya oleh Kemristekdikti. Pada bulan Maret ini, semua harus selesai meng-upload RPS semester gasal,” ungkap Dr Fenny.

Dr Fenny menambahkan, saat ini UPGRIS memiliki total mata kuliah sekitar 2800-an. Semua mata kuliah tersebut harus segera disesuaikan dengan OBE. Artinya, pada Maret nanti, ada sebanyak 1400-an mata kuliah (mata kuliah semester gasal) yang harus sudah terunggah dalam sistem.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris LPP UPGRIS Mei Vita Asri Untari MPd, Kepala Pusat Kurikulum CoE dan MBKM UPGRIS Nurina Happy MPd, Dekan FPBS Siti Musarokah MPd, Wakil Dekan I R Yusuf SB MA, Wakil Dekan II Dr Dyah Nugrahani MPd. (za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply