Home > UPGRIS > Dr Bunyamin: Kenapa Ada Kesalahan, Karena Ada Nafsu

Dr Bunyamin: Kenapa Ada Kesalahan, Karena Ada Nafsu

ketua yplp pt pgri dr bunyamin

SEMARANG, derapguru.com – Diri manusia sering melakukan kesalahan karena adanya nafsu. Karena nafsu-nafsu inilah, akhirnya bermunculan kesalahan demi kesalahan. Bila tidak ingin melakukan kesalahan-kesalahan, maka nafsu-nafsu ini harus dapat dikendalikan.

Pesan tersebut disampaikan oleh Ketua YPLP PT PGRI, Dr Bunyamin, saat memberikan sambutan pada acara “Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas PGRI Semarang” yang digelar di Balairung UPGRIS, Jumat 28 April 2023.

“Ada 3 nafsu yang bila ketiganya dapat dikendalikan secara baik akan membawa manfaat bagi manusia. Pertama, nafsu syahwat. Nafsu syahwat itu karunia Tuhan untuk semua manusia. Semua diberi, tidak ada yang tidak. Tempatnya di mana nafsu syahwat itu, letaknya ada di area pusar ke bawah,” terang Dr Bunyamin.

Lebih lanjut Dr Bunyamin menuturkan, nafsu kedua yang harus dikendalikan adalah nafsu ghadab. Nafsu ghadab ini memegang peranan pada masalah emosi, kemarahan, keberanian, dan ketangguhan. Tanpa nafsu ini manusia tidak akan punya semangat. Tapi bila tidak terkendali sangat berbahaya.

“Kenapa manusia bisa emosi, marah, karena Tuhan memang memberikan nafsu ghadab pada diri kita. Nafsu itu juga mengendalikan keberanian dan daya semangat. Nafsu ini juga anugerah Tuhan. Kalau tidak itu ya tidak ada semangat,” tandas Dr Bunyamin.

Sedangkan nafsu ketiga yang harus dikendalikan adalah nafsu natiqah. Nafsu natiqah ini pengendaliannya ada pada pikiran kita masing-masing. Oleh karena itulah kemampuan manusia dalam mengendalikan pikiran akan sangat menentukan dalam cara mengendalikan nafsu natiqah.

“Tuhan telah mengingatkan kita untuk ngati-ati. Kalau dalam alquran afala ta’qilun, ati-ati ojo nganti ora mbok pikir, kudu mbok pikir tenanan. Karena ketiganya mengikuti kita, maka kita bisa-bisa saja salah karena nafsu syahwat, bisa salah karena nafsu ghadab, atau bisa salah karena nafsu natiqah,” urai Dr Bunyamin.

Turut hadir dalam acara hahal bihalal tersebut, Pembina UPGRIS yang juga Ketua |PGRI Jawa Tengah Dr Muhdi, Wakil Ketua PGRI Sakbani MH, Rejtor UPGRI, Dr Sri Suciti, Wakil Rektor I Dr Muniroh Munawar, Wakil Rektor II Dr Endah Rita SD, Wakil Rektor III Dr Sapto Budoyo, Wakil Rektor IV Dr Nur Khoiri, dan segenap jajaran Dekan dan pejabat struktural. (za)

You may also like
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024
Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya
Kirim WA Gambar Porno Termasuk Pelecehan Seksual

Leave a Reply