Home > D’Pop > Daerah > Dosen UPGRIS Beri Pelatihan Penggunaan AI di LP Ma’arif NU Jepara

Dosen UPGRIS Beri Pelatihan Penggunaan AI di LP Ma’arif NU Jepara

JEPARA, derapguru.com — Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan terus memasuki berbagai lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Tidak sedikit teknologi AI yang mulai digunakan dalam kegiatan belajat-mengajar di sekolah.

Kendati demikian, tidak banyak sekolah yg telah memanfaatkan teknologi AI untuk kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Selain belum piawai mengunakan, ternyata masih banyak pula yang belum mengenali teknologi AI.

Untuk itu menjembatani masalah tersebut, Tim PKM Universitas PGRI Semarang yang terdiri atas Dr AB Prabowo K A, Sri Wahyuni MPd; Nugroho Dwi Saputro MKom dan Dr FX Didik Purwosetiyono menggelar Pelatihan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Bagi Guru-Guru di LP Ma’arif NU Jepara, baru-baru ini.

“Kami di sini mengenalkan beberapa teknologi AI seperti Pembelajaran Mesin (Machine Learning), Chatbots, Augmented Reality (AR), dan Virtual reality (VR),” urai AB Prabowo.

AB Prabowo menambahkan, teknologi-teknologi berbasis AI ini menjadi solusi tepat yang sangat membantu memudahkan urusan manusia. AI juga bakal menjadi teknologi yang bisa membantu manusia mencari solusi yang selama ini mungkin belum terpikirkan.

“Dalam bidang pendidikan, teknologi AI menjadi jawaban atas solusi pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan inovatif,” urainya.

Terkait dengan kegiatan yang dijalankan, AB Prabowo menuturkan, pelaksanaan PKM ini difokuskan pada dua kegiatan. Pertama, pelatihan penggunaan AI bagi guru-guru, termasuk pula bagaimana cara pengoperasiannya.

“Kedua, pelatihan pengaplikasian AI dalam materi pembelajaran agar guru-guru bisa memanfaatkannya untuk pengajaran di sekolah,” tandas AB Prabowo sembari menuturkan bahwa dalam kegiatan ini tim PKM juga melibatkan beberapa mahasiswa. (za)

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
DEDE YUSUF
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang

Leave a Reply