Home > D’Budaya > Dindik Banyumas Gelar Wayang Kulit Lakon Gareng Ratu

Dindik Banyumas Gelar Wayang Kulit Lakon Gareng Ratu

gareng ratu

BANYUMAS, derapguru.com – Dinas Pendidikan Banyumas dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) mengadakan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon “Gareng Ratu” yang dipentaskan Ki Dalang Panji Lasmono Among Carito.

Pagelaran wayang yang masih termasuk dalam rangkai kegiatan besar “Gebyar Inklusi” tersebut, dilangsungkan di Lapangan Diponegoro Desa Tunjung Kecamatan Jatilawang Banyumas Jawa Tengah, Rabu 24 Mei 2023.

Wakil Bupati Banyumas Drs Sadewo Trilastiono MM dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan “Gebyar Inklusi”. Secara khusus, Wabup Sadewo juga menyampaikan rasa bahagianya melihat pagelaran wayang kulit yang digelar dihadiri dan disaksikan oleh banyak warga masyarakat.

“Saya ke sini ingin memastikan Gebyar Inklusinya berjalan lancar. Tidak salah Pak Joko Wiyono memilih menggelar Wayang Kulit di Jatilawang. Warganya antusias dan ternyata suka kesenian, Pergelaran Wayang Kulit berlangsung sangat meriah,” ucap Wabup Sadewo.

Wabup Sadewo menambahkan, bahwa Gebyar Inklusi menjadi sarana tepat untuk mendukung suksesnya pendidikan inklusif serta menggugah kesadaran masyarakat Banyumas untuk peduli terhadap pendidikan inklusif.

“Anak inklusif memiliki keperibadian yang luar biasa. Anak berkebutuhan khusus memerlukan perhatian khusus. Acara ini merupakan sarana efektif mendukung suksesnya layanan pendidikan inklusif. Semoga kegiatan ini akan menggugah kesadaran warga untuk peduli terhadap pendidikan inklusif,” ungkap Wabup Sadewo.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs Joko Wiyono Msi, menuturkan bahwa rangkaian Hardiknas Dindik Banyumas 2023 merupakan yang paling meriah. Sedangkan kemeriahan “Gebyar Inklusi” menurutnya berkat dukungan masyarakat Jatilawang. Lokasi Jatilawang yang strategis menjadi pilihan karena masyarakatnya cinta kesenian.

“Rangkaian Hardiknas kali ini termasuk yang paling meriah dalam semarakkan merdeka belajar. Terima kasih atas dukungan masyarakat Jatilawang, Forkompincam, Kepala Desa, dan Kepala Sekolah se Jatilawang. Di sini lokasinya sangat strategis, warganya pun pecinta kesenian tradisional, salah satunya Wayang Kulit. Saya berharap dari Jatilawang akan menginspirasi generasi muda untuk mencintai Wayang Kulit,” ungkap Joko Wiyono sembari mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Sadewo. (Yusep Kurniawan/za)

You may also like
Puncak Hari Jadi ke-453: Tumpah Ruah, Ribuan Warga Banyumas Saksikan Kirab Pusaka
FPBS UPGRIS Gelar Family Gathering di Kediaman Rektor
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024

Leave a Reply