Home > D’PGRI > Canva Bagi Guru, Seperti Lato-Lato Bagi Siswa

Canva Bagi Guru, Seperti Lato-Lato Bagi Siswa

KELIK YAN

SEMARANG, derapguru.com – Aplikasi Canva sedang naik daun, menjadi primadona bagi para desainer grafis dan para pekerja profesional. Aplikasi ini sangat egilible-nya dengan berbagai perangkat teknologi baru lainnya sehingga Canva mudah diterima dan dipelajari di sekolah-sekolah.

“Canva bagi guru, ibarat lato-lato bagi siswa. Sama-sama penting,” ungkap Kelik Yan Pradana narasumber “Pelatihan Membuat Pendidikan Lebih berkesan Dengan Desain Canva” yang digelar secara daring oleh SLCC PGRI Jawa Tengah, Kamis sore 9 Februari 2023.

Kelik menambahkan, bahwa salah satu masalah mendasar para guru adalah lemahnya kemampuan dalam memanfaatkan berbagai macam aplikasi teknologi. Sedangkan anak-anak yang dididik selama ini merupakan generasi yang peka terhadap perkembangan teknologi.

“Dunia pendidikan kita telah berubah. Pendidikan saat ini tengah berada pada titik di mana sumber-sumber belajar begitu dinamis dan terus menerus berubah,” tutur guru muda yang sekarang menjadi Duta Rumah Belajar.

Dalam pelatihan yang digelar secara bertahap ini, kelik menuturkan ada empat keterampilan yang dipelajari, yakni Membuat Proyek di Canva, Tampilan Antarmuka Canva, Membuat Infografis, Membuat LKPB, dan Mengekspor Hasil Karya.

Sementara itu, Ketua SLCC PGRI Jawa Tengah, Dr Saptono Nugrohadi, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan merupakan program yang digelar SLCC PGRI Jawa Tengah untuk meningkatkan kemampuan para guru. Pelatihan ini digelar secara tematik dengan masing-masing tema digelar dalam beberapa tahap pelatihan.

“Untuk pelatihan Canva ini, pelatihannya sudah memasuki tahap ketiga dan masih ada beberapa tahap lagi yang akan dipelajari. Pelatihan seperti ini digelar secara intensif sehingga para peserta benar-benar menguasai apa yang dilatihkan,” tutur Dr Saptono. (za)

You may also like
Dr Muhdi Mencoblos di TPS 84 Tlogosari Kulon
PGRI Jateng-UPGRIS Kirim Bantuan Senilai 270 Juta Untuk Banjir Demak-Grobogan
Ketua YMSI: Kita Butuh Dekengan Pusat
Bukan ASN PPPK, Target PGRI Jadikan Honorer Guru dan Tendik Jadi ASN PNS

Leave a Reply