Home > D’Pop > Daerah > Mantap, SMK Wikrama Bogor Bikin Kelas “Live Streaming Sales”

Mantap, SMK Wikrama Bogor Bikin Kelas “Live Streaming Sales”

SMK WIKRAMA BOGOR

BOGOR, derapguru.com – SMK Wikrama Bogor Jawa Barat membuat inovasi baru dalam pembelajaran dengan membentuk kelas khusus yang mempelajari penjualan melalui live streaming. Kelas yang dinamai Live Streaming Sales tersebut mengajarkan langsung bagaimana penjualan barang secara live di media sosial.

Ketua Program Studi Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Wikrama Bogor, Rina Finanti, mengatakan bahwa kelas yang rancang untuk memberikan ilmu tentang live streaming sales yang sedang berkembang. Harapannya, dengan kelas ini para siswa dapat memiliki kompetensi bidang live streaming sales dan kelas bisa menjadi live streamer bagi bisnisnya.

“Kelas ini merupakan kelas kerja sama dengan salah satu platform digital yang menyediakan fitur live streaming sales, yakni TikTok Shopping. Programnya sudah mulai berjalan sejak 2020 lalu dan biasanya ditujukan untuk siswa kelas XI,” tutur Rina.

Promosi produk melalui konten siaran langsung atau yang lebih dikenal sebagai live streaming sales kini sedang menjadi tren pemasaran tersendiri di Indonesia. Kegiatan promosi melalui live streaming sales ini dinilai ampuh karena berhasil menggabungkan antara konten hiburan yang bersifat interaktif dengan promosi produk secara langsung.

“Jadi, dari pihak sekolah, kami mendatangkan guru tamu langsung dari industri (TikTok Shopping) untuk mengajar para siswa tentang bagaimana menjual produk-produk melalui TikTok Shopping ini,” kata Rina.

Lebih lanjut Rina menuturkan industri pemasaran di Indonesia terus berkembang sangat dinamis seiring dengan perkembangan teknologi yang juga pesat. Oleh karena itulah, sebagai jurusan yang mencetak lulusan para marketer, SMK perlu untuk beradaptasi pada tren yang terjadi di dunia marketing.

“Salah satunya adalah live streaming sales. Karena seorang marketer itu juga harus bisa membaca peluang dan perlu untuk dapat adaptif pada tren-tren baru yang terjadi di dunia marketing,” kata Rina. (za)

You may also like
Trending News di Indonesia Hari Ini
Trending News di Indonesia Hari Ini
Trending News di Indonesia Hari Ini
Trending News di Indonesia Hari Ini

Leave a Reply