Home > Sains > UPGRIS Launching Kurikulum OBE MBKM

UPGRIS Launching Kurikulum OBE MBKM

KURIKULUM OBE MBKM

SEMARANG – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) secara resmi me-launching Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum yang lebih dikenal dengan istilah Kurikulum OBE MBKM merupakan kurikulum pembelajaran berorientasi luaran yang implementasinya berkaitan dengan kegiatan MBKM.

Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati, menyampaikan apresiasi luar biasa pada tim bentukan prodi dan fakultas yang telah bekerja keras dalam merancang kurikulum ini. Dengan lahirnya Kurikulum OBE MBKM, UPGRIS menunjukkan respon cepat terhadap perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan.

“Kurikulum ini diterapkan bagi mahasiswa baru. Meskipun begitu, kurukulum ini juga bisa diambil oleh kakak tingkat yang sebelumnya sudah mengikuti program MBKM. Detil-detil teknis mekanisme nanti silahkan diatur prodi dan fakultas,” tutur Sri Suciati dalam acara launching yang dipusatkan di Gedung Pusat Lantai 7 Kampus UPGRIS, Selasa 4 Oktober 2022.

Sri Suciati menuturkan, Kurikulum OBE MBKM merupakan kurikulum yang menitikberatkan pada pendidikan berorientasi outcome/luaran/hasil. Kurikulum ini sangat cocok untuk menjawab tantangan zaman selalu menuntut lulusan yang mampu mengkreasi dan memproduksi sesuatu atau lulusan yang mampu menciptakan luaran yang berguna pada masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Sri Suciati juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas antusias civitas akademika UPGRIS dalam mengikuti kegiatan. Ini merupakan kegiatan perdana dari kampus–yang mendatangkan masa terbesar—sej­­­­ak pandemi datang pada tahun 2019 lalu. (za)

Leave a Reply