Home > BERITA > 250 Ribu Satuan Pendidikan Rasakan Kemerdekaan

250 Ribu Satuan Pendidikan Rasakan Kemerdekaan

NADIEM MAKARIM
Agenda: Teks Pidato Mendikbudristek
Reporter: Tim Redaksik

JAKARTA, derapguru.com — Mendikbudristek RI Nadiem Makarim mengungkapkan telah ada sekitar 250 satuan pendidikan. Hal tersebut disampaikan Nadiem dalam pidato resmi peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia, Kamis 17 Agustus 2023.

“Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar. Kemerdekaan tersebut sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia,” tutur Nadiem.

Hal tersebut, lanjut Nadiem, didukung dengan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, di mana anak-anak kita mendapatkan kemerdekaan yang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan fondasional.

“Melalui gerakan ini, kami mengajak para pendidik dan orang tua untuk memahami bahwa keberhasilan belajar anak usia dini tidak terbatas pada baca, tulis, hitung, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan berkomunikasi, dan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.

Nadiem menyinggung komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru melalui program seleksi guru ASN PPPK. ASN PPPK ini berhasil terselenggaran dengan melibatkan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

“Berkat gotong royong ini, kita berhasil mencetak rekor dengan merekrut 544 ribu guru ASN PPPK, dan jumlah ini akan terus meningkat sampai tercapai target satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK,” tandas Nadiem.

Untuk jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara. (za)

 

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah

Leave a Reply