Home > D’PGRI > Tak Hanya Dukungan Moral, Tapi Juga Finansial

Tak Hanya Dukungan Moral, Tapi Juga Finansial

Agenda: Sosialisasi Perjuangan Organisasi dan Daspen
Reporter: Tim Redaksi

 

SALATIGA, derapguru.com – Pendirian Dana Pensiun (Daspen) PGRI Jawa Tengah ditujukan untuk tidak hanya memberikan dukungan moral bagi guru yang pensiun, tapi memberikan pula dukungan finansial. Cara-cara inilah yang ditempuh PGRI Jawa Tengah untuk menghormati dan memuliakan guru yang sudah purna bakti.

Hal tersebut, disampaikan Wakil Ketua PGRI Jateng yang juga Ketua Daspen, H Sakbani SPd MH, saat memberikan materi dalam acara Sosialisasi Perjuangan Organisasi dan Daspen yang digelar di Gedung Guru PGRI Kota Salatiga, Senin 10 Juli 2023.

“Jadi ketika ada guru pensiun tidak hanya diberikan dukungan moral saja, tapi juga finansial,” tandas Sakbani.

Lebih lanjut Sakbani menuturkan, hakikat dari Daspen ini adalah dana sumbangan untuk guru yang pensiun. Oleh karena itu, ketika guru memberikan daspen, sejatinya dana itu otomatis habis karena diberikan pada guru yang pensiun. Tapi karena dilakukan secara berkelanjutan, guru yang saat ini menyumbang, kelak ketika pensiun juga akan dapat sumbangan daspen.

“Daspen ini konsep dasarnya sosial kemanusiaan. Pendiriannya pun bareng dengan Dana Sosial (Dansos). Yang pensiun kita berikan santunan Daspen. Yang meninggal kita berikan santunan Dansos,” tandas Sakbani.

Sakbani menambahkan, saat menjalankan daspen, diakuinya pernah mengalami kendala hebat. Terutama saat terjadi “bom pensiun” beberapa tahun lalu. Ketika itu, karena begitu banyaknya guru yang pensiun nyaris saja Daspen kehabisan dana. Tapi karena pengelolaan yang tepat, akhirnya semua bisa ditangani dan sekarang daspen berkembang semakin baik.

“Dulu anggotanya mencapai 211 ribu dan yang pensiun rata-rata hanya 0,31 persen per tahun. Tapi beberapa tahun lalu, tiba-tiba guru yang pensiun mencapai ratusan ribu. Ini yang menyebabkan kita hampir saja kehabisan uang. Tapi karena pengelolaan yang baik, satu tahun terakhir kembali sehat dan luar biasa,” tutur Sakbani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PGRI Jateng Dr Muhdi SH MHum, Sekretaris Umum PGRI Jateng Drs Aris Munandar MPd, Kominfo PGRI Jateng Dr Agus Wismanto MPd, Ketua PGRI Kota Salatiga Drs Zaenuri MPd, dan jajaran pengurus serta anggota PGRI Kota Salatiga. (za)

You may also like
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS
Rektor UPGRIS: Momen Istimewa Bersama Keluarga Besar UPGRIS
M Nasir Anggaran Pendidikan 20 Persen Perlu Diawasi Ketat
Dear Guru, PembaTIK 2024 Telah Buka Pendaftaran

Leave a Reply