Home > D’Pop > Daerah > SMK PGRI 1 Mejayan Hasilkan Kosmetik Dari Porang

SMK PGRI 1 Mejayan Hasilkan Kosmetik Dari Porang

SMK Model PGRI 1 Mejayan

JAKARTA, derapguru.com — Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur berhasil mengembangkan kosmetik dari bahan baku porang. Kosmetik yang dimaksud adalah masker kulit dengan bahan dasar umbi porang.

Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam, mengatakan bahwa kemampuan anak didiknya untuk memproduksi masker dari bahan dasar porang ini, berkat kerjasama dengan dunia usaha di sekitar sekolah.

“Untuk produksinya kami bekerja sama dengan UMKM yang menjadi mitra binaan sekolah. Tapi, khusus beras Porang hanya diproduksi di sekolah, karena alatnya hanya ada di sekolah,” beber Sampun.

Porang merupakan tanaman umbi-umbian yang beberapa tahun terakhir budidayanya meningkat pesat mengingat permintaan ekspor porang sangatlah tinggi. Salah satu negara yang membutuhkan bahan baku porang terbesar adalah Jepang.

Lebih lanjut Sampun menuturkan siswa-siswanya tidak hanya menghasilkan produk kosmetik berbahan dasar porang. Beberapa produk lain juga dihasilkan, seperti beras porang, jenang porang, kerupuk porang, dan sebagainya.

“Tanaman ini memiliki nilai jual yang sangat luar biasa. Oleh karena itulah, kami ingin mengembangkan aneka produk porang sebagai produk pangan unggulan Madiun dan berstandar ekspor,” urai Sampun Hadam, Rabu 18 Januari 2022.

Saat ini, SMK Model PGRI 1 Mejayan juga sedang bekerja sama dengan PT INKA (Industri Kereta Api) untuk membuat sekitar 100 kontainer boks yang akan digunakan sebagai outlet untuk memasarkan produk-produk porang tersebut. Kontainer boks ini nantinya akan disebar ke Bumdes-Bumdes di seluruh Kabupaten Madiun.

“Kami di SMK itu punya mimpi besar bahwa SMK Jatim akan mampu ekspor aneka hasil olahan porang yang saat ini menjadi potensi bisnis di Jepang, Korea, dan Eropa. Sekaligus, ini menjadi wujud nyata peran serta SMK dalam pemulihan ekonomi dan kesejahteraan petani,” kata Sampun. (za)

Leave a Reply