Home > D’PGRI > Puluhan Guru Somagede Ikuti Workshop Penulisan Puisi

Puluhan Guru Somagede Ikuti Workshop Penulisan Puisi

PGRI BANYUMAS

BANYUMAS, derapguru.com – Puluhan guru di bawah Dinas Pendidikan Kecamatan Somagede Banyumas mengikuti Workshop Penulisan Puisi. Kegiatan yang digelar oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Korwilcam Dindik Somagede tersebut digelar di Aula Sasana Krida Wiyata, mulai Kamis sampai dengan Sabtu, 20—22 Oktober 2022.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid PGTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang juga Ketua PGRI Banyumas, Sarno SH, MSi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi luar biasa atas terselenggaranya wokshop penulisan puisi. Menurutnya, hal tersebut merupakan wujud upaya KKG memfasilitasi guru untuk berkarya dan berinovasi.

“Selamat, sukses untuk KKG di Korwilcam Dindik Somagede. Saya sangat mengapresiasi upaya nyata rekan-rekan pengurus KKG di Somagede dalam memfasilitasi guru untuk berkarya dan berinovasi,” tutur Sarno.

Sarno menambahkan, guru harus selalu mengembangkan kemampuan, termasuk kemampuan menulis puisi. Menulis puisi lalu menerbitkannya dalam sebuah buku merupakan salah satu karya inovatif guru dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Guru jangan pernah berhenti untuk berkarya,” ungkap Sarno menyemangati.

Dalam kegiatan yang diikuti 44 guru tersebut, hadir tiga narasumber. Narasumber pertama, Redaktur Majalah Anak Boba yang juga Korwilcam Dindik Jatilawang, Eko Purnomo SPd. Narasumber kedua, Penerbit PGRI Publishing yang juga Kepala SMPN 2 Somagede, Mistina Hidayati MPd. Narasumber ketiga, seorang penulis juga Kepala SDN 2 Sokawera, Nyi Mulyanah MPd.

Ketua Panitia, Ngadiyah SPdSD, yang juga merupakan ketua KKG Puntadewa menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan workshop penulisan puisi adalah untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi guru dalam penulisan puisi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan puisi. Selain itu suport untuk para guru Somagede, yuk berkarya dan berinovasi melalui penulisan puisi,” tuturnya.

Ngadiyah menambahkan, kegiatan workshop penulisan puisi ini terselenggara berkat kerjasama KKG Bisma, Puntadewa, Ismaya Korwilcam Dindik Somagede dengan PGRI Publishing, PGRI Banyumas, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Mistina Hidayati, M.Pd., salah satu narasumber menyatakan optimis nantinya pasca workshop akan lahir buku antologi puisi karya para peserta. Menurutnya pemahaman tentang penulisan puisi yang layak, estetik dan mengandung nilai moral akan peserta dapatkan selama tiga hari ke depan, tinggal aksi para peserta dalam melahirkan karya.

“Saya optimis, pasca workshop akan lahir buku antologi puisi karya para peserta. Materi tentang penulisan puisi yang layak, estetik dan mengandung nilai moral akan peserta dapatkan selama tiga hari ke depan,” ungkap Mistina di akhir sesi hari pertama. (Gunadi/YK/za)

Leave a Reply