Home > D’PGRI > PGRI Lahir Di Solo, Daspen dan Dansos Juga

PGRI Lahir Di Solo, Daspen dan Dansos Juga

Agenda: Sosialisasi Perjuangan dan Daspen
Reporter: Tim Redaksi

 

SRAGEN, derapguru.com – Wilayah Solo Raya atau eks-Krasidenan Surakarta—khusus Kota Surakarta—memang memiliki ikatan luar biasa dengan organisasi PGRI. Bukan hanya karena organisasui PGRI lahir di Surakarta saja, tapi beberapa badan-badan organisasi milik PGRI Jawa Tengah seperti Daspen dan Dansos lahirnya juga di kota tersebut.

Fakta luar biasa ini disampaikan oleh Wakil Ketua PGRI Jateng yang juga Ketua Daspen PGRI Jawa Tengah, H Sakbani SPd MH, dalam acara Sosialisasi Perjuangan Organisasi dan Daspen PGRI Jateng yang digelar oleh PGRI Kabuoaten Sragen di Gedung PGRI Sragen, Sabtu 22 Juli 2023.

“Daspen dan Dansos ini lahirnya juga Surakarta, pada masa kepemimpinan Ketua PGRI Jateng H Karseno. Daspen digunakan untuk memberi santunan guru dan tenaga kependidikan yang pensiun. Sedang Dansos digunakan untuk memberi santunan bagi guru dan tenaga kependidikan meninggal sebelum purna tugas,” tutur H Sakbani.

H Sakbani menuturkan, dalam pengelolaannya mengalami pasang surut yang luar biasa. Situasi pasang terjadi ketika awal berdiri dan guru yang pensiun sangatlah kecil. Tapi situasi surut yang nyaris membuat badan ini mengalami gagal bayar adalah saat Daspen berhadapan langsung dengan boom pensiun yang puncak-puncaknya terjadi pada kisaran tahun 2018-2019 yang lalu.

“Tapi alhamdulillah dengan pengelolaan yang luar biasa, akhirnya semua masalah dapat teruraikan secara baik. Sehingga dalam beberapa tahun terakhir, organisasi ini berdiri dalam keadaan sehat dan menunjukkan perkembangan yang signifikan,” tutur H Sakbani.

Lebih lanjut H Sakbani menuturkan, anggota PGRI Kabupaten Sragen itu mencapai 6680 tapi yang sudah menjadi anggota 6326 orang. Masih ada beberapa orang guru yang belum ikut Daspen dan Danset. Jumlah tersebut belum termasuk guru-guru swasta.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PGRI Jateng Dr Muhdi , Sekretaris Umum PGRI Jateng Drs Aris Munandar MPd, Wakil Sekretaris Umum PGRI Jateng Dr Saptono Nugrohadi, Kominfo PGRI Jateng Dr Agus Wismanto MPd, Ketua PGRI Sragen Drs Suwardi MM, dan pengurus serta anggota PGRI Kabupaten Sragen. (za)

You may also like
Kemendagri Seriusi Pembiayaan Beasiswa untuk Papua
Sambut Mahasiswa PMM, Rektor UPGRIS: Kalau Dana Belum Turun Kami Talangi
Terlibat Bullying, Anak Vincent Rompies Dikeluarkan dari Sekolah
Guru Penggerak Aset Pemerintah Daerah

Leave a Reply