Home > Populer > Perhatikan! Mau Masuk STAN Ikuti Dulu UTBK-SNBT

Perhatikan! Mau Masuk STAN Ikuti Dulu UTBK-SNBT

STAN

JAKARTA, derapguru.com – Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) mensyaratkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2023 yang dgelar Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) akan menjadi syarat seleksi administratif dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN tahun 2023.

“Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2023 diminta agar dapat mengikuti UTBK-SNBT tahun 2023,” dalam keterangan tertulis Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Nomor SP-1/BPPK/2023, Jumat 6 Januari 2023.

Keputusan untuk menggunakan hasil UTBK-SNBT tersebut dikatakan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas. Kendati aturan sudah di-gedog, pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2023 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2023 yang akan dikeluarkan Kementerian PAN-RB.

Hanya saja seperti diketahui, materi tes dalam UTBK SNBT 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya. TPS diganti menjadi Tes Skolastik dengan komponen yang sama seperti pada 2022.

TPS merupakan tes yang dibuat untuk menguji kemampuan berpikir calon mahasiswa baru, yaitu kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan agar seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya di jenjang kuliah.

Sementara, Tes Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) diganti menjadi materi Literasi yang terbagi menjadi tiga, yaitu Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Bersiap-siaplah! (za)

Namun, pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2023 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2023 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). (za)

 

You may also like
MAN IC Serpong Peringkat 1 UTBK, 11 Madrasah Lain Masuk 100 Besar

Leave a Reply