Home > Health > Cegah HIV, TBC, dan Malaria

Cegah HIV, TBC, dan Malaria

KEMENKES ANTARA

NEW YORK.DerapGuru – Menteri Kesehatan RI,  Budi G Sadikin, menyatakan bahwa masalah Kesehatan mengenai pencegahan HIV, TBC, Malaria lebih efektif ditanggulangi mulai dari pemerintahan daerah. Utamanya kepemimpinan  dan akuntabilitas yang gencar dilakukan oleh pemerintahan daerah.

Kepemimpinan dan akuntabilitas pemerintah daerah di tingkat Provinsi dan Kab Kota adalah kunci keberhasilan Indonesia atas HIV, TB dan Malaria dalam sistem kesehatan yg terdesentralisasi di tanah air,” ungkap Menkes Budi dalam pertemuan  Global Fund Replenishment Conference  ke 7 di New York, Amerika Serikat , 18 September 2022.

Pihak pemerintah juga telah dibantu oleh Global Fund sebagai mitra pembangunan kesehatan di Indonesia. Sejak 2003 hingga saat ini, Global Fund telah memanfaatkan sebesar USD 1,45 Miliar (Rp 20,89 Triliun) kepada Kementerian Kesehatan dan komunitas, khususnya untuk program penanggulangan HIV/AIDS, TBC, dan malaria.

Hasil yang didapatkanpun cukup memuaskan, antara lain membantu meningkatkan layanan HIV, temuan kasus, pengobatan ARV dan rawatan, serta penyuluhan lapangan. membantu pengadaan obat anti TBC lini pertama dan kedua, obat terapi pencegahan, alat diagnosis mikroskopis dan TCM, sampai akselerasi penemuan kasus TBC. 

“Selain itu, juga membantu pemeriksaan Rapid Test (RDT), skrining Ibu hamil di daerah endemis tinggi, pendirian pos malaria, peningkatan kapasitas SDM, serta distribusi 27 juta kelambu berinsektisida (LLINs) ke daerah endemis malaria,” urai Sadikin sebagaimana siaran pers yang diberikan Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI. ( Royan Ibagaza /za).

Leave a Reply