Home > BERITA > Nadiem: Bahaya, Anak Kecaduan Video dan Game

Nadiem: Bahaya, Anak Kecaduan Video dan Game

JAKARTA, derapguru.com — Mendikbudristek Nadiem Makarim mewanti orang tua agar tak sembarangan memberikan akses gadget kepada anaknya. Terlebih, usia anak masih begitu dini. Dia menyebut anak yang masih ini tak boleh terpapar video. Apalagi, sampai bermain game di gadget.

“Video atau permainan interaktif ini dua hal yang buat anak kecil luar biasa ketagihannya. Sekali dikasih YouTube, lalu YouTube itu ditarik anak itu korslet langsung,” tutur Nadiem dalam unggahan instagramnya @nadiemmakarim dikutip, Selasa 21 November 2023.

Nadiem sendiri yang memiliki tiga putri yang masih kecil. Pada ketiga puterinya, Nadiem membuat aturan cukup ketat. Terlebih lagi bila berurusan dengan penggunaan gadget. Dia tidak memberi izin anaknya menonton video.

“Kalau audio enggak masalah. Kalau mereka mau memainkan musik, joget-joget, sama saya itu boleh. Mereka boleh, tentunya daftar putarnya saya yang pilih,” kata Nadiem.

Nadiem menyebut anak yang sudah kecanduan emosinya tidak akan terkendali. Hal paling sepele bisa dilihat kerikan tontonan mereka ditarik oleh orang tuanya. Mereka akan langsung emosional dan marah-marah.

Nadiem menambahkan permainan interaktif untuk anak kecil akan luar biasa risiko ketagihannya.

“Mau orang tua nya sehebat apa pun, mau dunia lingkungannya senyaman apa pun, untuk anak semua akan kalah dengan itu (gadget) karena itu membajak otak mereka,” tutur Nadiem. (za)

You may also like
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gelar Pelatihan Quilling Paper

Leave a Reply