Home > D’PGRI > Melakukan Research dan Menindaklanjuti

Melakukan Research dan Menindaklanjuti

Agenda: Rakor Biro Penelitian dan pengabdian
Reporter: Tim Redaksi

SEMARANG, derapguru.com — Melakukan research dan menindaklanjuti hasil research
menjadi tanggung jawab bagian Biro Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PGRI Jawa Tengah. Tanggung jawab yang sama juga harus diberikan oleh bagian “Bidang” dan “Seksi” Penelitian dan Pengabdian yang menjadi pemangku tugas pada level di bawahnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PGRI Jawa Tengah, Dr Listyaning Sumardiyani MHum, saat memberikan materi dalam acara Rapat Koordinasi Biro, Bidang, dan Seksi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PGRI Jateng yang digelar secara daring, Rabu 2 Agustus 2023.

“Program penelitian, kita rancang melalui dua kegiatan utama, yakni melakukan research dan menindaklanjuti hasil research,” tutur Dr Listyaning Sumardiyani.

Dr Listyaning Sumardiyani menuturkan proses research bisa dilakukan dengan meneliti berbagai persoalan yang menjadi fokus organisasi, seperti guru. Sedangkan proses penindaklanjutan hasil penelitian, dapat dilakukan secara ke dalam dan ke luar.

“Yang ke dalam untuk perbaikan atau penyempurnaan organisasi. Sedang yang ke luar untuk dibagikan kepada masyarakat luas,” tutur Dr Listyaning Sumardiyani.

Terkait dengan program pengabdian kepada masyarakat, Dr Listyaning Sumardiyani menuturkan berbagai bentuk pengabdian dapat tercermin dalam beberapa kegiatan kesetiakawanan dan solidaritas sosial organisasi. Selain itu juga ada program yang sering dilakukan secara berkala, seperti donor darah dan pendistribusian air bersih ke berbagai wilayah Jawa Tengah yang kekurangan air.

“Program pengabdian secara rutin misalnya, terkait momentum tertentu, seperti donor darah. Atau yang terkait dengan alam, seperti pendistribusian air bersih ke berbagai wilayah Jateng yang kekurangan air tiap musim kemarau,” tutur Dr Listyaning Sumardiyani. (za)

You may also like
DEDE YUSUF
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang
Bagas – Tasyfa, Mahasiswa Baru Yang Sabet Gelar Pupika UPGRIS 2024
Pendanaan Non-UKT Akan Jadi Indikator Kinerja PTNBH

Leave a Reply