Home > UPGRIS > Mahasiswa PPG UPGRIS Ajarkan Waste Management

Mahasiswa PPG UPGRIS Ajarkan Waste Management

SEMARANG, derapguru.comWaste management atau manajemen pengelolaan sampah masih menjadi masalah di bangsa Indonesia. Akibatnya, masalah sampah masih menjadi problematika serius sampai saat ini.

Celah inilah yang rupanya dibaca oleh Mahasiswa PPG UPGRIS Prodi PGSD Gelombang 1 tahun 2023. Mereka membidik masalah sampah untuk kegiatan project kepemimpinan dengan memberikan pelatihan waste management di SDN Pandeanlamper 03 Semarang, baru-baru ini.

Koordinator mahasiswa PPG, Heru Kasmantoro, menyampaikan bahwa masalah sampah di masyarakat membutuhkan perhatian yang serius. Penumpukan sampah telah mencemari lingkungan sehingga membutuhkan solusi dalam pengelolaannya.

“Projek ini dilaksanakan guna melaksanakan aksi nyata bentuk kepedulian mahasiswa dengan menggandeng instansi pendidikan untuk peduli terhadap pengolahan sampah menjadi barang-barang berguna guna mengatasi penumpukan sampah yang selama ini hanya mencemari lingkungan,” ungkap Heru.

Heru menambahkan, selain memetakan jenis-jenis sampah, dalam kegiatan ini juga diajarkan bagaimana mengubah sampah menjadi barang berguna. Misalnya, mengubah sampah organik menjadi pupuk kompos atau sampah anorganik menjadi prakarya tertentu”Rangkaian proyek dilaksanakan dalam kurun waktu 2 hari. Pada hari pertama digunakan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik akan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan kategori sampahnya. Pada hari kedua, projek kepemimpinan menghadirkan narasumber dari sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional, SMAN 11 Semarang, lalu dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan sampah,” pungkas Heru. (za)

You may also like
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS
Rektor UPGRIS: Momen Istimewa Bersama Keluarga Besar UPGRIS
Gayeng Sekali, Ditembak Nyanyi Pak Bani Minta Remidi
Dr Muhdi: 3-4 Agustus Digelar Konverensi Provinsi

Leave a Reply