Home > BERITA > ‘Loneliness’ Bisa Jadi Tantangan Serius Ke Depan

‘Loneliness’ Bisa Jadi Tantangan Serius Ke Depan

JAKARTA, derapguru.com – Persoalan keterasingan dan kesepian yang saat ini banyak menjangkiti para remaja akan menjadi tantangan serius masa depan terkait dengan masalah kesehatan mental.

Hal tersebut disampaikan Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), Jaya Widura Imam Mustopo, dalam “Semiloka Darurat Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia” di Jakarta, Selasa 12 Desember 2023.

“Kalau dari hasil dari hasil analisis kita kan biasanya kan depresi atau anxiety yang membuat mereka begitu (melakukan bunuh diri). Terus kemudian ya keterasingan yang sekarang lagi tren, lagi dalam survei ini masalah loneliness, masalah kesepian ternyata,” ucap Widura.

Jaya Widura menambahkan, sebenarnya masalah keterasingan dan kesepian itu terjadi pada semua golongan usia. Baik tua maupun muda bisa-bisa saja mengalaminya. Akan tetapi, pada survei yang dilakukan September 2023 ini, golongan terbesar yang mengalami masalah keterasingan dan kesepian adalah para remaja.

Yang memprihatinkan lagi, data yang dimiliki Himpsi ini ternyata juga sejalan dengan pemetaan Kementerian PPPA. Dari hasil riset dan pemetaan masalah yang dilakukan Kementerian PPPA, banyak remaja yang mengalami gejala loneliness ini.

“Datanya (data Kementerian PPPA, red) itu tinggi banget. Dan itu sinkron dari hasil kita. Nah cuma memang yang kita sarankan memang kita sedang mencari bentuk nih, Kita mencoba prioritas-prioritas apa yang harus kita lakukan. Terus salah satunya kita mempromosikan yang mental health first aid,” jelas Jaya Widura.

Lebih lanjut Jaya Widura menjelaskan, bahwa health first aid adalah pertolongan pertama kesehatan mental. Health first aid ini perlu dipahami masyarakat supaya mereka dapat memberikan pertolongan pertama saat menghadapi masalah kesehatan mental.

“Tujuannya supaya ketika terjadi masalah kesehatan mental di lapangan, masyarakat tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama,” tandas Jawya Widura. (za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply