Home > Populer > Dorong Skill Digital, Ajarkan Pemanfaatan Media Digital

Dorong Skill Digital, Ajarkan Pemanfaatan Media Digital

BATANG, derapguru.com — Guru harus peka dan adaptif dengan perubahan zaman. Pada masa kini, guru tak lagi cukup hanya andal mengajar. Cakap skill digital juga sangat perlu. Terlebih lagi semua hal kini berseling selindan dengan persoalan digital.

Inilah pesan tersirat yang ingin disampaikan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas PGRI Semarang saat menggelar “Pelatihan Pembuatan Aplikasi Media Digital dan Menulis Artikel Ilmiah”. Kegiatan pelatihan yang ditujukan bagi Guru TK yang tergabung dalam IGTKI Kecamatan Limpung Batang tersebut, digelar di TK Pembina Limpung Batang, Sabtu 15 Oktober 2022.

“Ini era digital. Guru harus terampil dengan persoalan digital. Termasuk dalam pemanfaatan aplikasi-aplikasi digital yang memudahkan kegiatan-kegitan profesinya,” tutur Ketua Tim Pengabdian UPGRIS, Dr Rasiman, didampingi anggota tim, Dr Joko Sulianto dan Husni Wakhyudin MPd.

Dr Joko Sulianto sebagai juru bicara tim menuturkan, bahwa pelatihan yang digelar saat ini adalah untuk mengenalkan aplikasi-aplikasi sederhana yang memudahkan Guru TK dalam bekerja. Salah satunya adalah mengajarkan bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan aplikasi media digital Canva.

“Canva ini aplikasi simpel, mudah dipahami, dan mudah digunakan. Kami ajarkan pada Bapak/Ibu guru untuk mendukung beliau-beliau ini ketika nanti menciptakan media pembelajaran berbasis digital yang kreatif dan inovatif,” tutur Joko Sulianto.

Melalui kegiatan pelatihan ini, Joko Sulianto, berharap para guru-guru TK di bawah IGTKI Limpung Batang akan bertambah kemampuan digitalnya. Tak hanya bertambah kemampuan, harapan lainnya, mereka juga dapat menularkan skill digitalnya ini pada guru-guru TK lainnya.

“Tentu kami berharap, kemampuan ini tidak hanya akan berhenti pada Bapak/Ibu guru peserta pelatihan. Tapi Bapak/Ibu ini dapat menyebarkan pula pada guru-guru lainnya. Biar tambah manfaat dan tambah berkahnya,” tandas Joko Sulianto. (za)

Leave a Reply