Home > Business > Belajar Wirausaha Bukan Hanya Untuk Bangun Bisnis

Belajar Wirausaha Bukan Hanya Untuk Bangun Bisnis

Agenda : Sekolah Wartawan
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA, derapguru.com — Ketua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Kemendikbudristek, Gamaliel Waney, menyebut pembelajaran berwirausaha sangat penting bagi mahasiswa. Ilmu wirausaha bisa dimanfaatkan ketika sudah lulus studi.
Gamaliel mengatakan pembelajaran wirausaha bukan cuma untuk membangun bisnis. Melainkan, benar-benar membangun karakter mahasiswa.
“Pembelajaran entrepreneur ini bukan hanya membangun bisnis, sebenarnya ini membangun kemampuan diri, membangun identitas diri,” kata Gama dalam konfensi pers Program Wirausaha Merdeka Angkatan ke-2 Tahun 2023 di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa 27 Juni 2023.
Gamaliel menyebut hal itu berjalan dalam program Wirausaha Merdeka. Mahasiswa akan mendapat pembekalan berwirausaha selama satu semester.
“Mahasiswa akan mendapat materi berwirausaha, mengenal diri, mengenal ide, mengenal kebutuhan pasar, sampai membangun prototipe untuk usaha yang akan dijalankan,” tutur dia.
Program Wirausaha Merdeka Angkatan ke-2 Tahun 2023 bakal  berjalan dan didukung 34 perguruan tinggi. Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Beny Bandanadjaja, menyebut kerja sama dengan 34 perguruan tinggi akademik maupun vokasi ini disepakati lewat perjanjian kerja sama.
Dia berharap lewat kerja sama tersebut semakin banyak mahasiswa terlibat dalam WMK. Sebanyak 400 mahasiswa di 34 perguruan tinggi itu didorong mengikuti Wirausaha Merdeka.
“Nantinya mahasiswa terpilih akan diseleksi dan dikurasi terkait proyek usahanya seperti apa,” tutur Beny. (za)

You may also like
Puncak Hari Jadi ke-453: Tumpah Ruah, Ribuan Warga Banyumas Saksikan Kirab Pusaka
Parah, Indonesia Kekurangan 22.531 Pengawas Sekolah
FPBS UPGRIS Gelar Family Gathering di Kediaman Rektor
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit

Leave a Reply