Home > BERITA > Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Digelar Agustus

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Digelar Agustus

JAKARTA, derapguru.com — Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) akan digelar pada Agustus 2024. AKMI merupakan tes diagnostik untuk mengukur kompetensi siswa madrasah.

Informasi tersebut disampaikan Direktur KSKK Madrasah Kemenag, M Sidik Sisdiyanto, sebagaiman dilansir dalam laman Kemenag.go.id yang diakses, Kamis 4 Juli 2024.

Sidik Sisdiyanto mengatakan AKMI dilakukan sebagai tes diagnostik untuk menghimpun informasi akurat terkait dengan kompetensi literasi siswa madrasah.  Hasil tes tersebut nantinya akan menjadi fondasi dalam memperbaiki kualitas belajar-mengajar ke depan.

“Tes diagnostik dapat berdampak pada perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Tes diagnostik juga berguna untuk mengukur capaian kompetensi siswa madrasah dengan memetakan level kemahiran peserta didik,” ungkap Sidik.

Sidik mengatakan, setidaknya ada empat kompetensi literasi yang akan diuji dalam AKMI 2024 yakni literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

“AKMI 2024 dirancang untuk memetakan kemampuan literasi, bukan mengukur capaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran tertentu,” tegasnya.

AKMI, lanjut Sidik, tidak merujuk pada tingkat keberhasilan atau kegagalan suatu mata pelajaran, tetapi merujuk pada seberapa tinggi tingkat kemampuan literasi peserta didik.

“Apa gunanya? yaitu untuk mendukung keberhasilan mereka dalam belajar dan dalam memecahkan persoalan yang dihadapi,” ujarnya. (kmg/za)

You may also like
Guru Honorer DKI Jakarta “Dihapus”, Begini Alasan Disdik
Ketua PGRI Jateng Minta Penuntasan Masalah PPPK dan Honorer Diprioritaskan
PGRI Jawa Tengah dan Kepemimpinan Yang Iconic
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS

Leave a Reply