Home > BERITA > SNBT Penyatu Seleksi Kampus Akademi dan Vokasi

SNBT Penyatu Seleksi Kampus Akademi dan Vokasi

SNBT

JAKARTA, derapguru.com — Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 menjadi alat penyatu bagi seleksi untuk kampus vokasi dan akademik. Hal ini akan menyederhanakan proses seleksi di mana kampus politeknik, universitas, institut, dan lainnya hanya akan dilalui lewat tes yang sama.

“Yang berbasis tes nantinya itu akan diintegrasi, menyatu, antara yang seleksi vokasi maupun yang akademik,” tutur Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbud, Prof Nizam, Selasa 10 Januari 2023.

Dengan demikian, lanjut Prof Nizam, baik siswa lulusan SMA, SMK, dan MA itu cukup mendaftar sekali, tes sekali, dengan pilihan bisa memilih di politeknik, di universitas, institut, dan sebagainya secara terbuka. Terobosan ini akan memudahkan masyarakat karena bisa memangkas kerumitan regulasi dan biaya.

“Yang menjadi tantangan tersendiri itu soal ujiannya yang berbeda dengan seleksi-seleksi sebelumnya, yakni lebih menitikberatkan pada uji daya nalar dan literasi,” tandas Prof Nizam.

Baca Juga: Perhatikan! Mau Masuk STAN Ikuti Dulu UTBK-SNBT

Bentuk soal seperti inilah, lanjut Prof Nizam, yang membuat SNBT bisa digunakan untuk menyeleksi calon mahasiswa kampus akademik maupun vokasi. Sebab anatara kampus akademik maupun vokasi sama-sama memerlukan daya nalar dan literasi.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, meski sering dihadapkan pada pembelajaran secara praktik, calon mahasiswa vokasi tetap perlu mempunyai kemampuan nalar dan literasi. Apalagi, kata dia, pada perkuliahan nanti seorang mahasiswa harus memiliki kemampuan analisa yang baik.

“Kita seleksi mahasiswa yang bisa menganalisis apa yang mereka baca, mahasiswa vokasi sama dengan begitu juga kan. Kemudian yang kita tes daya nalar dalam menerapkan matematika dasar, ini di vokasi juga sangat penting, tidak hanya akademik,” jelas dia.

Baca pula: Hanya Tes Skolastik, SNBT Adopsi Tes Internasional

Tahapan awal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) berupa registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa sudah resmi berjalan. Di mana, proses registrasi untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sudah dapat dilakukan pada 9 Januari 2023 lalu sejak pukul 15.00 WIB.

“Diawali dengan registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa pada Senin, 9 Januari 2023 di portal SNPMB,” ujar Ketua Umum SNMPB 2023, Mochamad Ashari.

Dia menerangkan, registrasi akun SNPMB bagi sekolah akan berakhir pada 9 Februari 2023. Sementara itu, masa pendaftaran registrasi akun SNPMB yang diperuntukkan khusus bagi siswa lulusan 2023 yang akan mengikuti SNBP akan berakhir pada 15 Februari 2023.

“Bagi peserta yang akan mendaftar SNBT, registrasi akun SNPMB dapat dilakukan pada 14-28 Februari 2023,” terang Ashari. (za)

You may also like
SNBP dan SNBT
Dear Siswa, Ini Sistem Baru Seleksi PTN Tahun 2023

Leave a Reply