Home > Entertainment > SMP Sabilurrosyad Gandeng Pelataran Sastra Kaliwungu Gelar Workshop Penulisan Puisi

SMP Sabilurrosyad Gandeng Pelataran Sastra Kaliwungu Gelar Workshop Penulisan Puisi

KENDAL, derapguru.com — SMP Sabilurrosyad menggandeng Pelataran Sastra Kaliwungu untuk menggelar Workshop Penulisan Puisi dengan tema Eksistensi Remaja dalam Bingkai Literasi, belum lama ini. Kegiatan yang digelar di kompleks sekolah tersebut digelar sebagai upaya untuk meningkatkan literasi sastra bagi pelajar.

Kepala SMP Sabilurrosyad, Adi Ismanto SAg, menyampaikan kegiatan peningkatan minat literasi peserta didiknya tidak hanya berhenti pada kegiatan workshop hari ini. Ke depannya, SMP Swbilurrosyad terbuka untuk komunitas seni manapun yang ingin berkunjung dan memberikan literasi yang bagi peserta didik.

“Kita ingin, peserta didik kita mengenal sastra tidak hanya melalui buku saja, ke depan kita tidak hanya puisi, tetapi akan ada kegiatan-kegiatan serupa seperti cerpen atau yang lainnya yang dapat meningkatkan minat literasi peserta didik dan melahirkan bibit-bibit penulis puisi muda yang suatu hari nanti akan menghiasi kancah sastra Indonesia. Sekaligus harapannya dapat menjadi wadah apresiasi bagi orang tua peserta didik pada gelar karya nantinya,” ujarnya saat ditemui.

Adi Ismanto menambahkan, kegiatan workshop diikuti oleh peserta didik SMP Sabilurrosyad dari Kelas VII sampai kelas IX dengan jumlah sekitar 300 peserta. Workshop ini tidak hanya berisi materi tentang penulisan puisi, tapi juga disertai praktik langsung penulisan.

Presiden Pelataran Sastra Kaliwungu, Bahrul Ulum A Malik, menyambut hangat upaya kerja sama yang dilakukan. Sesuai ruh dan nafas aktivitas komunitas Pelataran Sastra Kaliwungu, komunitas ini akan turut mendorong peningkatan kesadaran akan literasi, sastra, budaya, seni, dan pendidikan.

“Ini adalah kegiatan keren yang patut kita sambut baik, PSK (Pelataran Sastra Kaliwungu, red) masuk sekolah, mendukung program Sastra Masuk Kurikulum juga. Inisiatif keren ini menjadi penyemangat teman-teman yang saat ini berada pada jalur kesastraan,” ujar Bahrul Ulum.

Bahrul Ulum menambahkan, untuk kegiatan ini dia banyak menggandeng seniman dan sastrawan komunitasnya. Beberapa di antaranya Zulfa Fahmy (Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Walisongo Semarang); Bahrul Ulum A Malik (Presiden Pelataran Sastra Kaliwungu); M Lukluk Atsmara Anjaina (Sekjen PSK; Pengelola TBM Ruang Aksara); Dhiyah Endarwati (Asosiasi Fasilitator Literasi Provinsi Jawa Tengah); Sofiyan (Pegiat Teater Semut); dan Chadori Ichsan (Koordinator Antologi Puisi Tuna Asmara).

Kegiatan ini sendiri dimulai dengan Pembukaan oleh Manager Pendidikan SMP Sabilurrosyad, Penampilan Puisi dan Musikalisasi Puisi dari Perwakilan Guru dan Siswa-Siswi SMP Sabilurrosyad serta Pembacaan Puisi oleh M. Lukluk Atsmara Anjaina. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi secara paralel dibagi menjadi 6 kelas, diskusi, dan praktik penulisan puisi secara langsung. (za)

You may also like
A. Fikri Faqih
DPR RI Sambut Baik Pecahnya Kemendikbudristek dalam 3 Kementerian
130 Pelajar Ikuti Kegiatan Larung Sastra
Pasangan Cagub-Cawagub Andika-Hendi Kunjungi Kantor PGRI Jateng
Aklamasi, Sutikno Pimpin Kembali PGRI Kabupaten Brebes

Leave a Reply