Home > Entertainment > Teater Atmosfer Ajak Pelajar SMP Sabilurrasyad Belajar Teater di Luar Kandang

Teater Atmosfer Ajak Pelajar SMP Sabilurrasyad Belajar Teater di Luar Kandang

KENDAL, derapguru.com — Teater Armosfer, baru-baru ini, mengajak anak-anak SMP Sabilurrasyad Kendal untuk keluar kandang belajar tentang teater. Untuk itu, mereka sengaja mendatangi Balai Kesenian Kendal dan mengasah keterampilan berteater di sana.

Ketua Teater Atmosfer, Akhmad Sofyan Hadi SPd, menyampaikan kegiatan yang digelar ini sengaja digelar untuk membiasakan anak-anak SMP Sabilurrasyad mengenal dunia seni di luar sekolah. Kegiatan yang diberi tajuk “Sinau Bareng Teater Atmosfer” ini kemudian diisi dengan berbagai kegiatan keteateran.

“Kami mengajarkan beberapa materi dasar seperti pencarian ide konsep kreatif pertunjukan, seni artistik panggung, sampai dengan keaktoran,” urai Ahmad Sofyan Hadi yang akrab dipanggil Iyan.

Iyan menambahkan, kegiatan ini juga digelar sebagai bukti bahwa ada sinergitas antara dunia pendidikan dan sanggar teater. Ada korelasi yang tentunya banyak sekali kebermanfaatan yang bisa diambil, seperti ilmu kebahasaan dan komunikasi yang baik dan tepat sebagai bekal keterampilan untuk kompetisi maupun pengembangan diri di satuan pendidikan.

“Meskipun kadang materinya sama dengan materi pelajaran di sekolah, tentu rasa, suasana, dan hasil tangkapnya akan berbeda ketika yang melatih praktisinya,” tandas Iyan.

Lebih lanjut Iyan mengatakan, selain belajar dasar-dasar teater, para pelajar tersebut juga dilatih untuk membiasakan diri dengan pementasan. Untuk itu, pada akhir sesi mereka diminta untuk memainkan dua lakon pementasan teater satu babak.

“Saya berharap setelah selesai dari sini, bisa dilanjutkan dengan proses produksi pementasan yang lain. Potensi siswa sangat baik dan minat mereka juga tinggi. Tentunya sayang sekali jika tidak terus diasah. Teater adalah ilmu kehidupan yang sangat bermanfaat” ujar Iyan. (Eva Dwi Susanti/za)

You may also like
A. Fikri Faqih
DPR RI Sambut Baik Pecahnya Kemendikbudristek dalam 3 Kementerian
130 Pelajar Ikuti Kegiatan Larung Sastra
Pasangan Cagub-Cawagub Andika-Hendi Kunjungi Kantor PGRI Jateng
Aklamasi, Sutikno Pimpin Kembali PGRI Kabupaten Brebes

Leave a Reply