Home > D’Pop > Daerah > Workshop IKM Perkuat Guru Transformatif

Workshop IKM Perkuat Guru Transformatif

Agenda: IKM SD Supriyadi Semarang
Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com — Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah (YPIA) Semarang menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi guru SD Supriyadi Semarang. Acara yang digelar untuk mempersiapkan guru lebih awal dalam melaksanakan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru 2023/2024 tersebut dilangsungkan di Aula SD Supriyadi Semarang, Rabu 12 Juli 2023.

Ketua YPIA Semarang, Dr Muhdi SH MHum, dalam sambutannya meminta guru-guru siap menghadapi perubahan tantangan zaman, termasuk dalam menyikapi perubahan kurikulum. Sebab pasa masa-masa kini, diperlukan seorang guru yang terus mampu meningkatkan kompetensi, literasi, produktif, dan adaptif.

“Maka dari itu perlulah seorang guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan literasinya, menjadi guru yang produktif dan adaptif dengan kemajuan teknologi informasi, karena guru saat ini bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi anak. Nilai-nilai karakter dan nilai spiritual menjadi nilai plus dan pondasi yang harus benar-benar ditanamkan pada diri peserta didik saat ini,” tutur Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi menuturkan, IKM merupakan sebuah transformasi pendidikan, sebagai penguat, pelengkap kekurangan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Dengan adanya workshop ini diharapkan sekolah dan guru-guru dapat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan adaptif di Tahun Ajaran 2023/2024.

“Dengan adanya workshop ini, kami berharap para guru siap menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru ini,” pungkas Dr Muhdi.

Kepala SD Supriyadi, Nursekah SPd, menyampaikan, dalam implementasi kurikulum merdeka, proses analisis diagnostik diperlukan oleh sekolah dan guru di awal tahun ajaran dan awal pembelajaran. Proses ini untuk membantu guru memetakan kemampuan peserta didik yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam menyusun alur pembelajaran.

Hadir sebagai pembicara kegiatan Muhammad Amin dan Tri Sugiono SPd MPd. Sedangkan hadir sebagai tamu undangan Kepala Korsatpen Kecamatan Pedurungan Hartini SPd MH beserta para pengawas di lingkungan Korsatpen Kecamatan Pedurungan. Kegiatan ini ditutup langsung oleh Sekretaris YPIA Semarang Drs Mundhohib MZ. (ay/rs/za)

You may also like
SMPN 3 Cepiring Kendal Gelar PKKS di Bantir
H Harimurti Terpilih Sebagai Ketua PGRI Kendal Secara Aklamasi
PGRI Jateng Kirim 75 Tangki Air Bersih ke Pati
Rektor UPGRIS: Duduk Di Bangku Kuliah Adalah Kesempatan Istimewa

Leave a Reply